Wiranto: Indonesia Negara Teraman Kesembilan di Dunia

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM Wiranto mengingatkan Indonesia adalah negara teraman nomor kesembilan di dunia.

Wiranto: Indonesia Negara Teraman Kesembilan di Dunia
TRIBUNNEWS/RIZAL BOMANTAMA
Menkopolhukam Wiranto (dua dari kanan) menyerahkan penghargaan kepada empat provinsi dengan indeks demokrasi terbaik, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan Utara, dan Bangka Belitung, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018). 

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM Wiranto mengingatkan Indonesia adalah negara teraman nomor kesembilan di dunia.

Menurut Wiranto, Indonesia juga merupakan negara dengan tingkat kepercayaan kepada pemerintah tertinggi di dunia, menurut survei Organization for Economic Cooperation and Development (OCED) pada 2017 silam.

Hal itu disampaikan Wiranto saat merilis buku Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tahun 2017 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Indeks Demokrasi DKI Jakarta Tahun 2017 Paling Tinggi se-Indonesia

“Menurut Indeks Hukum dan Ketertiban Gallup dari internasional mengatakan, Indonesia adalah negara teraman kesembilan di dunia. Padahal di sini setiap demo lewat kantor saya, maki-maki saya, tapi ternyata di luar negeri lebih dari ini,” ungkap Wiranto.

“Sementara menurut survei Organization for Economic Cooperation and Development (OCED) pada 2017 silam, menempatkan Indonesia sebagai tingkat kepercayaan kepada pemerintah tertinggi di dunia,” sambung Wiranto.

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan, sebenarnya nilai Indonesia sama dengan Swiss.

Jalan Raya Legok-Karawaci Rusak Parah, Ada yang Satu Lajur Berubah Jadi Kolam

“Namun karena Swiss negara kecil dan penduduknya tak sebesar Indonesia, maka Indonesia ditempatkan di posisi pertama,” jelas Wiranto.

Dalam indeks demokrasi yang dirilis Kemenkopolhukam itu, Indonesia memiliki nilai 72,11 atau masuk kategori sedang.

Dengan pencapaian-pencapaian seperti itu, Wiranto menilai tugas seluruh elemen Bangsa Indonesia saat ini adalah menjaganya.

Begini Ciri-ciri Massa yang Bakar Mapolsek Ciracas, Mayoritas Bertopi dan Pakai Tas Selempang

“Tugas kita adalah bagaimana merawat ini semua, ini juga modal kita menghadapi Pemilu 2019. Memang merisaukan, tapi itu menjadi pengingat dan modal kita dalam menjaga kewajiban kita menyelenggarakan pesta demokrasi,” papar Wiranto.

Dalam acara itu, Wiranto memberikan penghargaan kepada empat gubernur provinsi yang mendapat indeks demokrasi tertinggi di Indonesia, yaitu Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.

Keempat provinsi itu memiliki IDI di atas 80, atau masuk kategori baik. (Rizal Bomantama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved