Pemerintah Kota Bekasi Siapkan 10.000 Keping Kartu Identitas Anak

Pemerintah Kota Bekasi berencana mensyaratkan Kartu Identitas Anak atau KIA sebagai syarat wajib masuk sekolah 2019.

Pemerintah Kota Bekasi Siapkan 10.000 Keping Kartu Identitas Anak
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Petugas Sudin Disdukcapil Jakarta Pusat menginput data orangtua yang bersangkutan untuk membuat Kartu Identitas Anak (KIA) di Sudin Dukcapil Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Pemerintah Kota Bekasi berencana mensyaratkan Kartu Identitas Anak atau KIA sebagai syarat wajib masuk sekolah 2019.

"Betul, itu perintah Wali Kota, KIA jadi syarat masuk sekolah," kata Pelaksana Tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi, Jamus Rasidi, Kamis (13/12/2018).

Jamus mengatakan, pihaknya mengalokasikan 10.000 keping Kartu Identitas Anak atau KIA dan proses pencetakannya segera dimulai pada Senin (17/12/2018).

"Nanti kami launcing hari Senin pekan depan. Pencetakan KIA dibuka di setiap kantor layanan di masing-masing kecamatan," kata Jamus.

Adapun syarat pembuatan KIA, kata Jamus, foto kopi kartu keluarga (KK), akta kelahiran anak, E-KTP suami istri, akta nikah, dan foto anak dari ponsel.

"Bila syarat sudah lengkap, bawa ke kelurahan atau kecamatan untuk dibuatkan KIA. Anak tidak perlu dibawa, KIA tidak ada chip seperti e-KTP jadi tidak perlu melakukan perekaman," katanya.

Hingga saat ini, kata Jamus, masih mempersiapkan peralatan berikut personel yang akan memproses pembuatan KIA di 12 kecamatan setempat.

"Kami lagi persiapkan semua sarana dan prasarana atau peralatannya, termasuk personilnya dalam menjalankan itu," ungkapnya.

Jamus mengatakan, identitas kependudukan itu dibagi menjadi dua jenis, yakni untuk anak bawah lima tahun atau balita dan anak usia enam sampai dengan 16 tahun.

"Untuk balita tidak disertakan foto, sementara untuk anak enam sampai 16 tahun disertai foto pada kartunya," katanya.

Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Gelar Pelayanan Kartu Identitas Anak di RPTRA Pola Idaman

Diskon Buku Hingga Restoran Cepat Saji dengan Kartu Identitas Anak

Mau Bikin Kartu Identitas Anak? Ini Syarat dan Langkah-langkahnya

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved