Jurnalis Arab Saudi Hilang

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Duta Besar AS untuk PBB: Pangeran MBS Bertanggung Jawab

DUTA Besar AS untuk PBB Nikki Haley menyebut Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman ( MBS ) bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal Khashoggi.

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Duta Besar AS untuk PBB: Pangeran MBS Bertanggung Jawab
huffingtonpost.com
NIKKI Haley, Duta Besar AS untuk PBB 

DUTA Besar AS untuk PBB Nikki Haley, menyebut Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman ( MBS ), bagaimana pun bertanggung jawab dalam kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi.

Dalam kesempatan wawancara dengan stasiun televisi NBC, pada Rabu (12/12/2018), Haley menyampaikan pendapatnya saat ditanya soal pihak yang harus bertanggung jawab dalam kasus pembunuhan Khashoggi.

"Itu adalah pemerintahan Saudi, dan MBS adalah kepala pemerintahan Saudi," kata Haley seperti dilansir The New Arab.

"Jadi mereka semua bertanggung jawab. Tidak ada yang bisa berlalu tanpa mempertanggungjawabkannya. Tidak secara individu, maupun pemerintah," tambahnya.

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Donald Trump Tetap Dukung Putra Mahkota Arab Saudi MBS

Terungkap, Ini 5 Fakta Transkrip Detik-detik Pembunuhan Jamal Khashoggi

Pendapat Haley, yang telah mengumumkan akan mengundurkan diri dari jabatan dubes AS itu, berbeda dengan pernyataan Presiden Donald Trump.

Haley mengumumkan pada Oktober bahwa dia akan meninggalkan pemerintahan pada akhir 2018. Sebelumnya, Presiden Trump menyatakan, dirinya akan tetap mendukung Pangeran Mahkota Arab Saudi meski telah menjadi sorotan masyarakat internasional atas kasus pembunuhan Khashoggi.

NIKKI Haley, Duta Besar AS untuk PBB
NIKKI Haley, Duta Besar AS untuk PBB (AP Photo/Sean Rayford via businessinsider.com)

Trump menolak mengomentari apakah MBS, julukan pangeran mahkota Saudi, bertanggung jawab dalam kasus pembunuhan jurnalis itu.

"Dia adalah pemimpin Kerajaan Arab Saudi. Mereka adalah sekutu yang sangat potensial," kata Trump dalam sebuah wawancara di Ruang Oval.

Trump mengonfirmasi jawabannya saat ditanyakan apakah mendukung Saudi sama dengan mendukung sang putra mahkota.

"Ya, di momen seperti ini, jelas seperti itu," tuturnya.

Zat Asam

Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober saat mendatangi kantor Konsulat Saudi di Istanbul untuk mengurus dokumen pernikahan.

Berdasarkan keterangan dari sumber penyelidik Turki, Khashoggi dibunuh oleh tim beranggotakan 15 orang dan jenazahnya dimutilasi serta dilarutkan menggunakan zat asam.

Pemerintah Arab Saudi membantah tuduhan yang menyebut keterlibatan MBS dan mengumumkan telah menahan 21 orang yang diduga sebagai pelaku maupun yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi. (Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Duta Besar AS untuk PBB Sebut MBS Bertanggung Jawab atas Pembunuhan Khashoggi"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved