News

Rumahnya Ditemukan Jentik Nyamuk, Warga Bakal Dikenai Sanksi Rp 50 Juta

kepala Dinas Kesehatan mengatakan teguran lisan hingga sanksi uang Rp 50 Juta, dan kurungan apabila warga itu tak mau partisipasi penanggulangan DBD.

Rumahnya Ditemukan Jentik Nyamuk,  Warga Bakal Dikenai Sanksi Rp 50 Juta
Warta Kota
Kepala Suku Dinas kesehatan (Kasudinkes) Kota Jakarta Barat 

Warta Kota, Kembangan - Apabila ditemukan jentik nyamuk di rumahnya dan tak partisipasi di dalam tanggulangi demam berdarah dengue (DBD), warga itu akan dikenakan sanksi Rp 50 Juta. Hal ini, dikatakan langsung Kepala Suku Dinas kesehatan (Kasudinkes) Kota Jakarta Barat, Weningtyas Purnomo Rini.

Kepala Suku Dinas kesehatan (Kasudinkes) Kota Jakarta Barat
Kepala Suku Dinas kesehatan (Kasudinkes) Kota Jakarta Barat (Warta Kota)

"Kemudian adanya fakta integritas diantara RT RW dengan pemilik rumah atau warga apabila rumahnya merah atau juga mengandung jentik maka ada perjanjian dengan pihak RT dan RW. Mungkin akan diberikan surat teguran ataupun sebagainya. Tak hanya itu teguran lisan hingga sanksi uang Rp 50 Juta, dan kurungan apabila warga itu tak mau partisipasi penanggulangan DBD," paparnya, Rabu (12/12/2018).

Hal itu, juga berkaitan dengan warga yang tak ingin kediamannya disatroni pihak dari kader-kader jumantik. Maka itu, penanggulangan dini DBD dilakukan secara ketat dan menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)

"Kami, juga akan melibatkan satpol PP dalam penegakan Perda 6 tentang DBD. Satpol PP itu sedang kita latih dan untuk dapat menentukan kapasitasnya saat dilakukan PSN," terangnya. (BAS)

Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved