Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pekerjakan 558 Orang Asing, Pekerja Lokal 1.388 Orang

Menurut data, Aloy mengatakan, tidak ada TKA yang menempati posisi pekerja paling bawah.

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pekerjakan 558 Orang Asing, Pekerja Lokal 1.388 Orang
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Presiden Joko Widodo bersama rombongan melihat maket kereta cepat saat peletakan batu pertama megaproyek transportasi massal itu, Kamis (21/1/2016), di perkebunan teh Mandalawangi Bagian Maswati di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, sekaligus dicanangkan pengembangan sentra ekonomi koridor Jakarta-Bandung. 

DEPUTI Bidang Restrukturisasi Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mengatakan, sebanyak 558 pekerja asing dipekerjakan untuk membangun proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Hal tersebut ia ungkapkan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, di Ruang Rapat Komisi VI Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

"Untuk serapan tenaga kerja secara total sudah mencapai 1.946 orang, dari situ ekspatriat sebanyak 558 orang," ujarnya.

Sejak Boaz Solossa pada Musim 2013, Belum Ada Lagi Pemain Indonesia yang Jadi Topscorer Liga 1

Dari jumlah TKA yang ada di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu, paling banyak posisinya sebagai staf, insinyur, atau pekerja yang memiliki keahlian sebanyak 373 orang. Kemudian untuk posisi manajer atau Project Manager sebanyak 167 orang.

Sisanya, 14 orang menempati posisi General Manager, tiga orang Project Director/Deputy Project Director, dan satu orang penerjemah.

Menurut data, Aloy mengatakan, tidak ada TKA yang menempati posisi pekerja paling bawah. TKA itu seluruhnya dibawa oleh perusahaan Tiongkok yang tergabung dalam konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Komisi II DPR akan Bentuk Pansus Bila Kemendagri Tak Ungkap Kasus Tercecernya Ribuan KTP Elektronik

Perusahaan Tiongkok yang paling banyak membawa TKA adalah Sinohydro sebanyak 388 orang, China Railway Group Limited sebanyak 119 orang.

Sedangkan untuk pekerja lokal jumlahnya sebanyak 1.388 orang. Pekerja lokal paling banyak mengisi posisi unskill labour atau pekerja tanpa keahlian sebanyak 768 orang.

Untuk posisi staf, insinyur, atau pekerja yang memiliki keahlian sebanyak 547 orang. Lalu. posisi manajer atau Project Manager sebanyak 38 orang, penerjemah 32 orang, General Manager 2 orang, dan Project Director/Deputy Project Director sebanyak 1 orang. (Chaerul Umam)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved