Breaking News:

Lingkungan

Petugas Gabungan Lingkungan Hidup Gerebek Sampah di Hutan Mangrove Marunda Cilincing

Petugas gabungan membersihkan sampah di hutan mangrove, di belakang Rusunawa Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (12/12/2018).

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Aksi gerebek sampah dilakukan oleh petugas gabungan dari Lingkungan Hidup Kecamatan Cilincing, di hutan mangrove, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (12/12/2018). 

WARTA KOTA, CILINCING --- Petugas gabungan dari Lingkungan Hidup Kecamatan Cilincing, PPSU Kelurahan Marunda, dan UPK Badan Air melakukan aksi gerebek sampah di hutan mangrove, di belakang Rusunawa Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (12/12/2018).

Kegiatan berlangsung sejak pukul 07.00-10.00 WIB. Petugas mengambil tumpukan sampah menggunakan alat. Sampah yang kebanyakan styrofoam itu pun langsung bersih dalam waktu tiga jam.

Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Cilincing, Mahmudin mengatakan, sekitar 65 petugas gabungan yang dikerahkan untuk mengangkut tumpukan sampah dari hutan mangrove.

“Sampahnya dua truk. Itu truk kecil yang sekitar 10 meter kubik per truknya, jadi 20 meter kubik,” kata Mahmudin di hutan mangrove, Rabu (12/12/2018).

Penanganan Sampah Plastik dan Sampah Styrofoam di Hutan Mangrove Terkendala Akses

Sampah yang diangkut dari hutan mangrove itu langsung dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi.

Namun sebelumnya, sampah ditransfer ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) terdekat, kemudian di bawa ke TPST Bantar Gebang menggunakan truk sampah besar.

“Nanti dibuang ke Bantar Gebang. Tapi ini nanti transit dulu ke TPS, baru dari TPS ke sana (Bantar Gebang), pakai truk besar,” katanya.

Hutan Mangrove Marunda Dipenuhi Sampah Styrofoam

Berdasarkan pantauan Warta Kota di hutan mangrove, sebelumnya aksi gerebek sampah  yang masuk kawasan RT 003/RW 07 Marunda, hutan mangrove banyak sampah plastik.

Kini, hutan mangrove  sudah terlihat bersih. Tidak ada lagi sampah yang kebanyakan styrofoam. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved