Kantor Samsat Jakarta Barat Membludak karena Penghapusan Sanksi Administrasi

Tampak, warga mengantre demi bisa membayar pajak kendaraannya yang rata-rata telah menunggak.

Kantor Samsat Jakarta Barat Membludak karena Penghapusan Sanksi Administrasi
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Warga yang akan membayar pajak tampak membludak. 

Tiga hari lagi, penghapusan sanksi pajak kendaraan bermotor (PKB) akan berakhir, pada Sabtu (15/12/2018). Sejak pagi tadi, Rabu (12/12/2018), Kantor Samsat Jakarta Barat membludak warga yang ingin membayar pajak kendaraannya.

"Mumpung saya bisa izin di kantor, saya bayar pajak kendaraan (motor) saya yang nunggak setahun pak. Kalau enggak bayar, jadi enggak nyaman kerja. Jadi pikiran. Makanya, rela-rela saya antre pak ada satu jam antre," ungkapnya Maman (31), warga Kembangan, Jakarta Barat di Kantor Samsat Jakarta Barat.

Sementara warga lainnya, Yusuf (33), mengatakan hal yang sama. Mengingat batas akhir penghapusan pajak kendaraan bermotor (PKB) akan berakhir, ia rela izin meninggalkan rapat di kantornya.

"Saya sampai enggak ikut rapat, karena pajak kendaraan (mobil) saya telat setahunan. Jadi, saya milih bayar pajak saja pak. Memang sih, sedari pagi antre. Tetapi alhamdulillah tenang sudah membayar pajak," kata warga Kelurahan Meruya, Kembangan, Jakarta Barat ini.

Pantauan Warta Kota, suasana di Kantor Samsat Jakarta Barat membludak warga.

Tampak, warga mengantre demi bisa membayar pajak kendaraannya yang rata-rata telah menunggak.

Tampak petugas loket juga cukup kewalahan, menghadapi warga yang saat itu bedersakan ingin membayar pajak kendaraan.

Tiga hari lagi, penghapusan sanksi pajak kendaraan bermotor (PKB) akan berakhir, pada Sabtu (15/12/2018). Sejak pagi, Rabu (12/12/2018), Kantor Samsat Jakarta Barat membludak warga yang ingin membayar pajak kendaraannya.
Tiga hari lagi, penghapusan sanksi pajak kendaraan bermotor (PKB) akan berakhir, pada Sabtu (15/12/2018). Sejak pagi, Rabu (12/12/2018), Kantor Samsat Jakarta Barat membludak warga yang ingin membayar pajak kendaraannya. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Diketahui, jam operasional pelayanan pun ditambah hingga pukul 18.00 WIB.

Sementara itu, Elling Hartono sebagai Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Jakarta Barat, mengatakan, dia sangat menyayangkan masyarakat yang bayar pajak dilakukan berdekatan dengan batas akhir penghapusan sanksi administrasi pajak kendaraan.

"Sangat disayangkan saja, kenapa kok seluruh masyarakat baru bayar pajak saat berdekatan waktu batas akhir penghapusan sanksi pajak kendaraan. Seharusnya, jauh-jauh hari. Alhasil, membludak seperti ini. Sehingga kami tambah waktu pelayanannya yang awalnya 15.00, jadi 18.00 WIB. Membludak sejak pagi ya," katanya saat diwawancarai awak media.

Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved