Rusia Kirim Dua Pesawat Pengebom Tupolev TU-160 ke Venezuela

Dua pesawat pembom Tupolev TU-160 mendarat di bandara internasional Simon Bolivar di Maiquetia, bersama dengan dua pesawat lain, Senin (10/12/2018).

Rusia Kirim Dua Pesawat Pengebom Tupolev TU-160 ke Venezuela
Wikipedia
PESAWAT pengebom Rusia, Tupolev TU-160 

RUSIA memberangkatkan dua pesawat pengebom strategisnya bersama dengan 100 pilot ke Venezuela.

Dua pesawat pembom Tupolev TU-160 itu mendarat di bandara internasional Simon Bolivar di Maiquetia, bersama dengan dua pesawat lain, pada Senin (10/12/2018).

Dua pesawat yang dikirim mendampingi pembom strategis Rusia yakni pesawat transport Antonov-124 dan pesawat penumpang Ilyushin-62.

Demikian disampaikan militer Rusia dalam pernyataannya di Moskwa.

Pemerintah Venezuela menyebut kedatangan dua pesawat pembom Rusia tersebut sebagai bagian dari latihan angkatan udara yang bertujuan untuk menguatkan pertahanan di negara Amerika Selatan itu.

Jika AS Melanggar Lagi, China Akan Tabrakan Kapalnya ke Kapal Perang AS

Pendeta dan Puluhan Jemaat Gereja di China Hilang, Usai Polisi Sisir Rumah-rumah

"Penempatan (pesawat pembom) itu menunjukkan jika kami juga sedang mempersiapkan untuk mempertahankan Venezuela hingga wilayah terkecil bila diperlukan," kata Menteri Pertahanan Venezuela, Jenderal Vladimir Padrino.

"Ini kami lakukan dengan rekan-rekan kami karena kami memiliki teman-teman di dunia yang membela keseimbangan dan hubungan yang terhormat," tambahnya.

Sementara disampaikan komandan pesawat jarak jauh Angkatan Udara Rusia, Jenderal Sergei Ivanovich Kobulash, latihan tersebut akan menjadi ajang saling bertukar pengalaman dan pengetahuan antara pilot maupun staf teknis kedua negara.

Disampaikan Padrino, kedatangan pesawat Rusia ke negara itu bukan kali pertama. Sebelumnya, armada udara Moskwa juga pernah berkunjung ke Caracas sebelum 2013.

Kendati demikian, menurut Padrino, pengerahan pesawat Rusia ke Venezuela kali ini memberi sebuah pengalaman baru.

"Latihan yang akan diadakan adalah untuk menaikkan tingkat kerja sama operasi sistem pertahanan udara kedua negara," tambah Padrino.

Tidak dijelaskan berapa lama pengerahan pilot dan pesawat pengebom Rusia di Venezuela akan berlangsung.  Padrino juga tidak merinci rencana latihan yang akan digelar.

Melansir AFP, kerja sama di bidang militer dan pertahanan antara Rusia dengan Venezuela telah terjalin sejak lama. Dalam beberapa tahun terakhir, Venezuela telah membeli peralatan militer dari Rusia senilai jutaan dolar.

Venezuela di antaranya telah mengakuisisi 24 unit jet tempur Sukhoi-30 milik Rusia. Caracas juga telah menandatangani kesepakatan pembelian 53 unit helikopter tempur Mil-24, serta 100.000 senapan Kalashnikov pada 2016. (Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusia Terbangkan Dua Pesawat Pengebom ke Venezuela"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved