Pencarian Dihentikan, 6 Korban Tabrakan Pesawat Tempur AS Dipastikan Tewas

MILITER AS menghentikan operasi pencarian terhadap korban dua pesawat militer, F-18 dan tanker C-130, yang bertabrakan di lepas pantai Jepang.

Pencarian Dihentikan, 6 Korban Tabrakan Pesawat Tempur AS Dipastikan Tewas
WallpaperUP
PESAWAT Tempur F-18 

MILITER Amerika Serikat ( AS) mengumumkan menghentikan operasi pencarian terhadap korban dua pesawat militer yang bertabrakan di lepas pantai Jepang.

AFP memberitakan Selasa (11/12/2018), militer AS mendeklarasikan lima anggota Marinir yang belum diketahui keberadaannya itu sudah tewas.

Pesawat Tempur dan Tanker AS Kecelakaan saat Isi Bahan Bakar, 6 Marinir Hilang

Komandan Jenderal Pasukan Ekspedisi Laut III Letjen Eric Smith mengatakan, pencarian itu digelar antara AS, Jepang dan Australia.

Dengan demikian, total jumlah korban tewas dalam insiden yang terjadi pada Kamis pekan lalu (6/12/2018) itu menjadi enam orang dan satu orang selamat.

"Saya berharap keluarga dari para prajurit pemberani bakal tenang setelah mendengar usaha pencarian yang dilakukan tak kenal lelah," kata Smith.

Usai Diaudit, Biarawati Ini Ngaku Curi Uang Rp 7 Miliar untuk Berjudi di Las Vegas

Kecelakaan itu melibatkan jet tempur F-18 dengan dua kru di dalamnya serta pesawat angkut KC-130 berisi lima personel di lepas pantai Muroto, barat daya Jepang.

Pejabat pertahanan AS mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi setelah pesawat lepas landas dari Pangkalan Udara Korps Marinir Iwakuni di Jepang selatan.

Dikabarkan kecelakaan terjadi ketika dua pesawat melakukan latihan pengisian bahan bakar. Namun militer menyatakan isu itu belum terkonfirmasi.

Dilaporkan ada 50.000 pasukan AS yang bermarkas di Jepang, dengan insiden yang melibatkan pesawat militer mereka sering terjadi.

November lalu, jet tempur Angkatan Laut AS jatuh di perairan selatan Okinawa di mana dua kru-nya dilaporkan berhasil selamat.

Kemudian November 2017, pesawat angkut C-2A Greyhound dengan 11 awak jatuh di Laut Filipina. Delapan orang selamat dengan operasi pencarian dihentikan di hari kedua. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Militer AS Nyatakan 5 Anggota Marinir yang Hilang Sudah Tewas"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved