Breaking News:

Penanganan Sampah Plastik dan Sampah Styrofoam di Hutan Mangrove Terkendala Akses

Penanganan tumpukan sampah plastik dan sampah styrofoam di hutan mangrove di RW 07 Marunda terkendala dengan akses jalan.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Tumpukan sampah styrofoam di hutan mangrove di belakang Rusunawa Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. 

WARTA KOTA, CILINCING--- Penanganan tumpukan sampah plastik dan sampah styrofoam di hutan mangrove di RW 07 Marunda, tepatnya di belakang Rusunawa Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, terkendala dengan akses jalan menuju lokasi.

Seorang warga, Aan, mengatakan, ia tidak pernah melihat petugas kebersihan membersihkan atau mengangkat sampah plastik dan sampah styrofoam.

Namun demikian sempat ada petugas kebersihan yang hendak membersihkan sampah plastik dan sampah styrofoam meski hanya sebatas survei.

"Nggak ada (petugas yang bersihin). Dulu sempet mau dibersihin sama lurah, tapi ngelihat keadaan seperti ini, nggak jadi. Percuma kerja bakti, karena setiap pasang pasti sampah kemari lagi. Makanya percuma," kata Aan, Selasa (11/12/2018).

Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Cilincing, Mahmudin, mengatakan, pihaknya kesulitan melakukan penanganan sampah plastik dan sampah styrofoam di hutan mangrove Marunda karena lokasi yang merupakan milik swasta.

"Itu yang punya (lahan) PT Pembangunan Jaya Ancol. Jadi susah juga, maksudnya kalau punya umum kami bisa setiap saat ke situ. Itu kawasan ada yang punya, tapi kalau sampah kami tetap tindak," katanya.

Mahmudin mengatakan, seharusnya di lokasi itu ada pengelola yang rutin membersihkan sampah plastik dan sampah styrofoam.

Namun pada kenyataannya jarang ada kegiatan pembersihan sampah yang dilakukan oleh pengelola hutan mangrove tersebut.

Sementara mengenai penyebab banyaknya sampah di lokasi itu tidak bisa dikaitkan begitu saja dengan air laut.

Kesadaran masyarakat yang tinggal di pesisir pantai juga mutlak diperlukan untuk menjaga kebersihan.

"Masyarakat juga harus sadar, kalau kali-kali sebenarnya sudah ada petugasnya ya. Mungkin di masyarakat sekitar pantainya lah yang peduli," katanya.

Hutan Mangrove Marunda Dipenuhi Sampah Styrofoam

Marinir Bersama Komponen Masyarakat Tanam Mangrove Cegah Abrasi Pantai

Marinir Bersama Komponen Masyarakat Tanam Mangrove Cegah Abrasi Pantai

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved