Pemprov DKI Menebang Puluhan Ribu Pohon Kala Musim Hujan Karena Sudah Tua

Salah satu penyebab tumbangnya pohon itu lantaran usianya yang sudah tua, sehingga akarnya tak mampu menopang batang pohon.

Warta Kota/Feryanto Hadi
Ilustrasi. Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018) mengakibatkan sejumlah pohon di Jalan Tebet Timur Raya, kemudian di Jalan Rasamala 4, Menteng Dalam dan Jalan Abdullah Syafii, tumbang. 

Musim hujan sudah tiba, wilayah kota Jakarta hampir setiap waktu diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Bahkan, sering pula disertai angin kencang dan petir.

Untuk mengantisipasi pohon tumbang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menebang puluhan ribu pohon yang membahayakan pengguna jalan di Ibu Kota.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengatakan jumlah pohon yang sudah ditebang oleh Pemprov DKI hingga saat ini sebanyak 57.229 di lima wilayah.

"Sudah dilakukan penopingan secara rutin di lima wilayah kota, jumlah 57.229 pohon ," ujar Suzi saat dikonfirmasi, Selasa (11/12/2018).

57.229 terdiri dari Dinas Kehutanan DKI Jakarta 7.480 pohon, Sudin Jakarta Utara 6.253 pohon, Sudin Jakarta Pusat 5.724 pohon, Sudin Jakarta Barat 5.187 pohon, Sudin Jakarta Selatan 21.172 pohon, Sudin Jakarta Timur 11.413 pohon.

Diketahui, sejak November hingga Desember 2018 ada 187 pohon tumbang.

Salah satu penyebab tumbangnya pohon itu lantaran usianya yang sudah tua, sehingga akarnya tak mampu menopang batang pohon.

"Karena pohon sudah tua, keropos, akar rusak akibat galian. Tapi tergantung jenisnya. Ada yang umurnya ratusan tahun tergolong pohon tua, masih banyak di daerah Lapangan Banteng, Menteng, jenisnya seperti Mahoni, Asem Jawa, dan Khaya," kata Suzi.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved