Breaking News:

Dirjen Dukcapil: Ribuan KTP Elektronik di Duren Sawit Bukan Tercecer, tapi Sengaja Dibuang

RIBUAN KTP elektronik ditemukan di kawasan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, pekan lalu.

Warta Kota/Rangga Baskoro
Ribuan e-KTP yang ditemukan anak-anak di Jalan Karya Bakti IV RT 03/11 Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/12). 

RIBUAN KTP elektronik ditemukan di kawasan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, pekan lalu.

Menanggapi hal itu, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, menduga ada yang sengaja membuang KTP elektronik itu di area persawahan.

Alasannya, kata dia, karung yang memuat KTP elektronik itu masih terlihat bagus. Bahkan, karung itu diletakkan di mana orang dapat melihat dengan jelas. Menurutnya, ribuan KTP elektronik itu tak tercecer, namun sengaja dibuang oleh seseorang.

KTP Elektronik yang Ditemukan Anak-anak di Pondok Kopi Ada Tiga Ribu Keping

“e-KTP yang dibuang (di Duren Sawit) bukan tercecer, karena ini memang sengaja dibuang, karena karungnya masih bagus, blangkonya masih bagus, belum pernah terkena air hujan, diletakkan di pinggir jalan yang orang cepat melihat itu,” ujar Zudan di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).

Ia kembali menegaskan bila memang tercecer, tentu KTP elektronik tersebut akan berhamburan di jalan atau di lokasi. Namun, ketika ditemukan, ribuan KTP elektronik itu masih berada dalam satu karung.

“Kalau tercecer kan jatuh tuh di pinggir jalan secara berhamburan, tetapi kalau ini kan diletakkan dalam satu karung dalam satu posisi yang bagus. Dugaan saya ini memang sengaja dibuang,” paparnya.

Bocah-bocah Pondok Kopi Temukan Ribuan KTP Elektronik dalam Karung, Dijadikan Mainan Lempar-lemparan

Kemendagri, kata dia, kini tengah mendalami kemungkinan siapa yang menjadi pelaku pembuangan KTP elektronik tersebut. Ia pun telah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dan sepakat untuk menindak tegas pelaku.

Di sisi lain, Zudan menegaskan, KTP elektronik yang ditemukan di Duren Sawit, Jakarta Timur, merupakan KTP elektronik asli, yang sudah tidak berfungsi. KTP elektronik yang ditrmukan itu cetakan 2011, 2012, dan 2013. (Vincentius Jyestha)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved