Breaking News:

117 Bank Sampah di Jakarta Barat Mandek, Ini Kata Wali Kota

Sebanyak 117 bank sampah di Jakarta Barat mandek atau tak lagi beroperasi. Penanganan sampah di wilayah itu dapat terganggu.

Warta Kota/Feryanto Hadi
Setelah sukses membentuk bank sampah di seluruh RW, masyarakat Cipete Utara, Kebayoran Baru, mulai berimprovisasi dengan membuat warung daur ulang sampah. 

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengakui ada masalah yang menyebabkan 117 bank sampah yang ada di Jakarta Barat tak aktif lagi.

Rustam menyatakan akan segera mengecek ke lapangan.

"Pasti ada masalah. Belum diketahui juga apa penyebabnya bank-bank sampah itu tidak lagi aktif beroperasi. Harus dicari tahu lagi perihal masalahnya," papar Rustam usai ikut meresmikan Unit Pelayanan Paspor di Basement Lippo Mall Puri, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (11/12/2018).

Menurut Rustam, bank sampah di Jakarta Barat yang tak aktif lagi pasti menghadapi masalah yang berbeda-beda.

"Bisa saja pengelolaannya. Kami lihat satu per satu dulu. Kasus per kasus apalagi 15 persen total tak aktif. Nanti saya cek satu-satu," ucap Rustam.

Dikatakannya, masalah mendasar terkait bank sampah yang tak lagi aktif yakni bagian pengelolaan sampahnya yang tak berjalan baik.

"Biasanya keterbatasan orang yang mengelola itu dan tingkat pengetahuannya atau juga dari hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Contoh, biasanya kan kelola sampah basah jadi kompos. Lalu, komposnya itu bisa dijual. Kemudian yang sampah kering didaur ulang. Jikalau daur ulang, dikumpulkan jadi satu kita setorkan ke pabrik daur ulangnya ya. Mungkin kurang laku," paparnya.

Penulis:
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved