Tiga Menteri Resmikan Hunian yang Terintegritasi Stasiun di Tangerang Selatan

Tiga menteri serta kepala daerah memenuhi undangan groundbreaking proyek hunian yang disebut Mahata Serpong di dekat Stasiun Rawa Buntu.

Tiga Menteri Resmikan Hunian yang Terintegritasi Stasiun di Tangerang Selatan
ZAKI ARI SETIAWAN
Setelah dua kali membangun hunian yang terintegrasi transportasi, Perum Perumnas kembali membangun hunian di sekitar area Stasiun Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan. 

SETELAH dua kali membangun hunian yang terintegrasi transportasi, Perum Perumnas kembali membangun hunian di sekitar area Stasiun Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan.

Tiga menteri serta kepala daerah memenuhi undangan groundbreaking proyek hunian yang disebut Mahata Serpong, Senin. (10/12/2018)

Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany tampak menghadiri proyek yang rencananya akan bergulir mulai akhir Desember 2018 ini.

Konsep hunian yang disebut sebagai Transit Oriented Development (TOD) mendapat dukungan penuh dari ketiga kementerian tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya menjelaskan, konsep TOD di Kota Tangerang Selatan ini menunjukan rencana tata kota lanjutan.

"TOD adalah satu konsep bagi perkotaan, jadi kalau kita sudah mengembangkan TOD di titik stasiun atau terminal itu berarti kita sudah lebih advance menyikapi tata ruang perkotaan dan pasti dengan adanya tod ini mereduksi perjalanan-perjalanan yang tidak perlu," kata Budi Karya setelah groundbreaking proyek Mahata Serpong.

Senada dengan Budi Karya, Menteri BUMN, Rini Soemarno juga sangat mendukung pembangunan hunian yang terintegrasi dengan transportasi umum guna mengurai kemacetan dan polusi.

"Yang kita utamakan masyarakat diharapkan memanfaatkan public transport sehingga yang sudah dikatakan pak menhub mengurangi kendaraan pribadi apakah itu mobil atau motor sehingga mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi," paparnya.

Di bangun di atas lahan seluas 24.626 m2, nantinya Mahata Serpong akan dibangun dalam dua tahap, pada tahap pertama akan dibangun 3 tower dari total 6 tower, dengan total unit mencapai 3.632.

Tipe yang disediakan yaitu tipe Studio dengan dengan Semi Gross 21.90 m2, tipe 1 BR dengan Semi Gross 34.09 m2, tipe 2 BR denga Semi Gross 35.98 m2 dan tipe 2 BR+ dengan Semi Gross 60.47 m2.

"Saat ini perizinan sudah rampung dan pembelian unit dapat dipesan di kantor marketing Perumnas yang salah satunya berada di Stasiun Rawa Buntu," kata Bambang Triwibowo selaku Direktur Utama Perum Perumnas.

Selain di Stasiun Rawa Buntu, hunian yang terintegrasi dengan stasiun juga akan dibangun oleh Hutama Karya di Stasiun Jurangmangu dan Adhi Karya di Stasiun Cisauk.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved