Liga 1

Persija Rebut Gelar Juara Liga 1 2018 Hanya Bermodal Empat Kali Puncaki Klasemen

Berdasarkan data yang dikutip dari transfermarkt.com, Persija jarang memuncaki klasemen Liga 1 musim ini.

Persija Rebut Gelar Juara Liga 1 2018 Hanya Bermodal Empat Kali Puncaki Klasemen
Feri Setiawan/Super Ball
Persija menjadi juara Liga 1 Musim 2018 usai menaklukkan Mitra Kukar 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (9/12/2018). (Super Ball/Feri Setiawan) 

PERSIJA Jakarta sukses merebut gelar juara Liga 1 2018, setelah menang 2-1 atas Mitra Kukar pada laga penutup musim di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (9/12/2018).

Tim Ibu Kota ini menjadi juara dengan raihan 62 angka di klasemen akhir, hanya terpaut satu poin dari PSM Makassar yang menjadi runner up.

Macan Kemayoran menjadi juara, setelah hanya empat pekan menguasai klasemen kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia itu.

Wali Kota Jakarta Utara Pastikan Delapan Pompa Air Siap Antisipasi Banjir

Berdasarkan data yang dikutip dari transfermarkt.com, Persija jarang memuncaki klasemen Liga 1 musim ini. Skuat asuhan Stefano Cugurra Teco itu cuma empat kali bertengger di puncak.

Persija memuncaki klasemen untuk pertama kalinya di musim ini setelah menang atas Persib Bandung pada pekan keenam. Setelah itu, posisi Persija naik turun, bahkan sempat berada di peringkat 10 pada pekan ke-16.

Persija kemudian memuncaki klasemen lagi pada pekan ke-28, setelah menekuk Barito Putera 3-0. Lantas, Persija selalu berada di posisi runner up pada pekan ke-29 hingga 32.

Libatkan Bisnis Besar, Menteri Perhubungan Tak Ingin Buru-buru Menghukum Lion Air

Kemenangan tandang 2-1 atas Bali United di Pulau Dewata pada pekan ke-33, membawa Persija kembali ke puncak, setelah di pekan yang sama PSM Makassar justru bermain imbang di laga tandang saat melawan Bhayangkara FC. Persija akhirnya berhasil mengunci posisi teratas dengan mengalahkan Mitra Kukar di pekan terakhir.

Sedangkan sang runner up, PSM Makassar, lebih banyak mencicipi puncak klasemen, yakni sembilan kali. Pertama kali, Juku Eja menguasai klasemen pada pekan kedua, setelah menang 1-0 atas Perseru Serui.

PSM Makassar kemudian bertengger di puncak lagi pada pekan ke-12, 13, 26, 27, 29, 30, 31, dan 32. Setelah itu, di dua laga terakhir, PSM Makassar harus puas menjadi runner up. (*)

Penulis: Yaspen Martinus
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved