Menhub Budi Karya Janji Tambah Rangkaian Kereta dan Perkecil Jarak Waktu ke Tangerang dan Tangsel

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah memiliki rencana untuk mempercepat jarak antar kereta atau headway dan menambah gerbong

Menhub Budi Karya Janji Tambah Rangkaian Kereta dan Perkecil Jarak Waktu ke Tangerang dan Tangsel
ZAKI ARI SETIAWAN
Setelah dua kali membangun hunian yang terintegrasi transportasi, Perum Perumnas kembali membangun hunian di sekitar area Stasiun Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah memiliki rencana untuk mempercepat jarak antar kereta atau headway dan menambah gerbong kereta tujuan Tangerang.

Hal itu berkaitan dengan dibangunnya hunian Transit Oriented Development (TOD) di area stasiun di wilayah Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang yakni Stasiun Jurangmangu, Stasiun Rawa Buntu, dan Stasiun Cisauk.

"Kereta ini kan sekarang dengan headway 5 menit, kita ada dua yang akan kita upayakan dalam satu dua tahun ini, headwaynya akan kita buat menjadi 2-3 menit," kata Budi Karya setelah groundbreaking hunian di Stasiun Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (10/12/2018).

Upaya lain dari Kementerian Perhubungan adalah penambahan gerbong kereta yang saat ini berjumlah 10 akan ditambahkan menjadi 12 gerbong.

"Juga gerbongnya sekarang itu 10 kita nanti akan menjadi 12, mungkin itu akan menjadi satu tambahan kapasitas dari kereta2 menuju BSD," tuturnya.

Budi Karya menargetkan rencana tersebut dapat terealisasikan dalam waktu satu sampai dua tahun ke depan.

Perubahan sistem untuk headway dinilai memerlukan waktu sehingga tidak bisa dilakukan secara cepat.

"Jadi enggak bisa dilakukan cepat, karena window time tertutup," katanya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved