Empat Peretas Bobol Akun Maskapai Singapura, Perusahaan Merugi Rp 1 Miliar

Empat orang meretas sistem pengamanan jual beli tiket online milik perusahaan maskapai penerbangan Singapore Airlines.

Empat Peretas Bobol Akun Maskapai Singapura, Perusahaan Merugi Rp 1 Miliar
Warta Kota/Rangga Baskoro
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono. 

WARTA KOTA, SEMANGGI--- Empat orang berinisial A (23), H (19), AH (29), dan RM (21) meretas sistem pengamanan jual beli tiket online milik perusahaan maskapai penerbangan Singapore Airlines.

Pelaku peretas atau hacker membuat perusahaan Singapura itu menelan kerugian hingga Rp 1 miliar lebih.

Atas kejadian itu, Singapore Airline melaporkan adanya tindak kejahatan spamming pembobolan situs penjualan tiket www.singaporeair.com dengan cara mengambil data pemilik kartu kredit nasabah.

Pelaku menggunakan akun fiktif dan mendapatkan keuntungan dari penjualan tiket yang berhasil dibobol.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, keempat pelaku hacker atau peretas penjualan tiket online Singapore Airline itu ditangkap polisi.

Pengungkapan kasus itu bermula dari laporan dari Singapore Airline kepada Polda Metro Jaya yang menyebutkan ada kerugian dari penjualan tiket online yang dijebol dari pengguna internet asal Indonesia.

Kejadian itu terjadi pada Februari 2017. Butuh waktu lebih dari satu tahun hingga pihak maskapai mengetahui bahwa kejahatan tersebut dilakukan oleh orang yang berasal dari Indonesia.

Kemudian pada tanggal 25 Juli 2018, pihak maskapai melaporkan hal itu ke Mapolda Metro Jaya.

"Singapore Airline melaporkan bahwa sejak Februari 2017 menerima pemesanan lima tiket transaksi penerbangan dari agen ticket bernama Prime Ticket untuk berbagai tujuan penerbangan. Setelah dilacak oleh kepolisian Singapura, pemesanan itu dari Indonesia," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (10/12/2018).

Setelah dilakukan penyelidikan, Subdit 3 Resmob Ditkrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus tindak pidana penipuan dan atau pencurian oleh sindikat hacker atau peretas.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved