Aksi OPM

5 Fakta Duka Keluarga Korban KKB Papua, 4 Bersaudara jadi Korban hingga Janji Ingin Pulang

SATU demi satu korban kebrutalan Kelompok Kriminal Bersanjata (KKB) mulai dimakamkan oleh pihak keluarga. Duka dan tangis mengiringi pemakaman.

5 Fakta Duka Keluarga Korban KKB Papua, 4 Bersaudara jadi Korban hingga Janji Ingin Pulang
John Roy Purba/Istimewa
SITUASI kondisi evakuasi jenazah di Bandara Timika. 

SATU demi satu korban kebrutalan Kelompok Kriminal Bersanjata (KKB) mulai dimakamkan oleh pihak keluarga. Duka dan tangis mengiringi pemakaman.

Kenangan terakhir almarhum pun terulang dan meninggalkan lara. Salah satunya bagi Agus Rudia Pasa, istri dari Samuel Pakiding.

Agus Pasa sangat kehilangan sosok suami yang luar biasa dan ayah terhebat bagi bagi anak-anak mereka. Selain itu, warga menyambut kedatangan jenazah Emanuel Bano dengan mengibarkan bendera merah putih di sepanjang jalan menuju rumah duka.

Satgas TNI-Polri Temukan 1 Jenazah Lagi Korban KKB di Papua, Berambut Gondrong dan Bercelana Putih

TNI: Berita soal Adanya Pengeboman di Nduga Papua, Itu Bohong

TIGA jenazah yang menjadi korban dalam insiden Di Nduga Papua, tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri, kota Palu, Sabtu (9/12/2018).
TIGA jenazah yang menjadi korban dalam insiden Di Nduga Papua, tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri, kota Palu, Sabtu (9/12/2018). (Kompas.com/Erna Dwi Lidiawati)

Berikut ini sejumlah suasana keluarga para korban pembantaian KKB Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Distrik Yigi, Nduga:

1. Duka Agus Pasa untuk suaminya, Samuel Pakiding

Tangis Agus Rudia Pasa pecah ketika peti mayat yang berisi jenazah sang suami, Samuel Pakiding, sampai di rumah duka, di Jalan Tengko Situru RT 25 KM 5 Bukit Sion, Jahab, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (8/12/2018).

Agus Pasa hanya bisa memeluk peti jenazah suaminya tecinta. Kepergian Samuel mencari nafkah ke Nduga Papua ternyata berakhir tragis. Ayah empat anak tersebut menjadi korban pembantaian KKB di Nduga, Papua.

“Dia berangkat ke Papua tanggal 13 Oktober, tanggal 14 November komunikasi terakhir, karena dia turun ke Timika. Dia bercerita, dia sangat hati-hati di sana. Dia tidak berani macam-macam karena jika ada masalah walau sepele akan berujung penumpasan,” ujarnya.

Agus Pasa sempat memaksa suaminya untuk menolak tawaran proyek membangun sekolah di Nduga, namun Samuel akhirnya memutuskan untuk ikut bersama rekan-rekannya ke proyek di Nduga tersebut.

“Terakhir telepon itu, dia bilang ditawari kerja borongan membangun sekolah di Timika, saya setuju sekali. Saya bilang tidak usah naik ke Nduga lagi, kerja saja bangun sekolah. Tapi dia bilang tidak enak meninggalkan teman-temannya. Jadi dia naik lagi dan meneruskan pekerjaan bersama PT Istaka Karya,” tuturnya.

2. Empat anggota keluarga menjadi korban KKB di Nduga

JENAZAH almarhum Faiz Syahputra dimakamkan di TPU Laikang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sabtu (8/12/2018).
JENAZAH almarhum Faiz Syahputra dimakamkan di TPU Laikang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sabtu (8/12/2018). (Kompas.com/Hendra Cipto)

Jonathan hanya bisa menangis saat empat keluarga anggotanya menjadi korban serangan di Nduga, Papua, beberapa waktu lalu.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved