Terkendala Alat Berat, Pembersihan Sampah Plastik dan Rumah Tangga Sebanyak 5 Ton Ditunda

Terkendala Alat Berat, Pembersihan Sampah Plastik dan Rumah Tangga Sebanyak 5 Ton Ditunda.

Warta Kota/Muhamad Azzam
Kali crossing Jalan Unisma Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi penuh sampah plastik dan eceng gondok. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Tumpukan sampah plastik dan sampah rumah tangga sebanyak lima ton di kali yang berada di samping Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi batal dibersihkan, Minggu (9/12/2018).

Penundaan pengangkatan sampah plastik dan sampah rumah tangga sebanyak lima ton karena alat berat untuk mengeruk sampah masih dipakai di kawasan lain.

"Rencananya memang mau dikerjakan kemarin atau hari ini tapi tidak jadi. Alat berat yang akan digunakan untuk mengambil sampah dan mengeruk masih dipakai di Jatiasih dan Bekasi Barat. Kami usahakan dua hingga tiga hari kedepan segera ditangani," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, kepada Warta Kota, saat ditemui di Taman Suplesi Kalimalang, Minggu.

Tri mengatakan, pembersihan sampah itu harus menggunakan alat berat karena kedalaman kali cukup dalam dan tumpukan sampah plastik dan sampah rumah tangga cukup banyak.

"Kali itu dalamnya 12 meter, jadi pembersihannya enggak bisa manual. Itu bukan angkut sampah doang, tapi eceng gondok dan lumpur. Pakai alat berat juga harus long arm atau belalainya panjang," kata Tri.

Tri prihatin dengan perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarang.

Ia meminta kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke dalam saluran air atau kali.

"Kami ada aturan hukumnya, tapi karena itu tipiring atau tindak pidana ringan jadi sulit buat masyarakat jera. Jadi kami ingin bangun perilaku positif ini ke masyarakat, kami giatkan kerja bakti termasuk pengurangan sampah plastik," katanya.

Kali di Jalan Unisma Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, bau dan penuh sampah.

Di kali itu terlihat tumpukan sampah yang didominasi sampah plastik dan sampah rumah tangga rumah tangga. Terdapat juga tanaman eceng gondok dan kayu-kayu sehingga aliran air itu tersendat.

Armada Truk Terbatas, Bekasi Kewalahan Atasi Sampah

Edukasi Masyarakat, Wabup dan Asisten Kepulauan Seribu Gerebek Sampah di Pulau Kelapa

Sebanyak 5 Ton Sampah Plastik dan Eceng Gondok di Kali Samping Unisma Kota Bekasi

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved