Kementerian Perhubungan Bahas Pembatasan Truk Beroperasi pada Natal dan Tahun Baru

Kementerian Perhubungan akan menggelar rapat persiapan Natal dan Tahun Baru dengan sejumlah instansi terkait pada Senin (10/12) besok.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (9/12/2018). 

KEMENTERIAN Perhubungan akan menggelar rapat dengan sejumlah instansi terkait pada Senin (10/12) besok.

Rapat tersebut perihal rencana pembatasan truk yang melintas pada saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya baru akan mengambil keputusan mengenai rencana pembatasan truk saat Nataru setelah menggelar rapat dengan instansi terkait.

“Ada suatu kesepakatan-kesepakatan khususnya pembatasan truk. Tapi saya tidak akan putuskan dulu karena besok para asosiasi dan Dirjen Darat dan BPTJ akan membahas berapa lama itu dilakukan,” katanya saat berada di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (9/12).

Namun demikian keputusan itu tidak berlaku untuk Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Pasalnya truk dengan tipe over dimension over load (ODOL) sudah dipastikan tidak boleh melintasi Tol Jakarta-Cikampek.

“Tetapi Japek kita tidak bisa toleransi. Japek tetap tidak boleh ODOL di sana. Artinya kalau mau ODOL jangan lewat situ,” ungkap Budi Karya.

Kebijakan itu menurut Budi Karya dinilai terbukti efektif mengurangi kemacetan yang terjadi karena adanya proses pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Waktu tempuh kendaraan yang melintas, bisa berkurang signifikan

“Apa yang kita lakukan dari pengamatan yang dilakukan BPTJ ada improvement. Jadi jam 12 siang mereka dari Bandung ke Jakarta 3 jam 15 menit, berarti bagus,” sambung Budi Karya.

Sementara kebijakan untuk transportasi udara lebih fleksibel dan sudah final. Mereka diberikan kesempatan untuk menambah jadwal penerbangan demi mengantisipasi lonjakan penumpang pada saat Nataru.

“Kalau pesawat sudah final, kita mengalir aja karena kita berikan kesempatan kepada mereka untuk nambah slot, bandara juga bekerja lebih malam, dan juga memikirkan slot itu sebanyak mungkin bisa ditampung,” ujarnya. (jhs)

Sent from my iPad

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved