Ini Tiga Hal Penting Bagi Pesepeda Pemula

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pesepeda khususnya pemula agar aktivitas berolahraga tidak menimbulkan masalah

Ini Tiga Hal Penting Bagi Pesepeda Pemula
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kegiatan Jakarta Night Ride yang digelar di Jakarta International Velodrome 

Olahraga sepeda belakangan menjadi tren bagi warga Jakarta. Terbukti kegiatan seperti Jakarta Night Ride di Jakarta International Velodrome setiap minggunya dipadati para pesepeda dari berbagai kalangan.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pesepeda khususnya pemula agar aktivitas berolahraga tidak menimbulkan masalah pertama adalah pesepeda harus tahu batasan diri.

“Tahu batasan diri, udah latihan berapa lama, kalau baru mulai jangan paksakan diri,” ungkap dr. Fauzan Anggadita, Sabtu (8/12).

Poin berikutnya adalah pemanasan. Menurut pria yang akrab disapa Angga itu pemanasan menjadi faktor penting agar tubuh tidak kaget dengan aktivitas berat yang harus dijalani selama beberapa saat.

“Jangan langsung speed full atau tanjakan atau kilometer panjang, 5-10 menit goes ringan boleh atau jogging dikit lah,” katanya.

Tidak lupa para pesepeda juga harus membawa air minum saat beraktivitas. Para pesepeda wajib membawa air minum karena aktivitas yang dilakoni akan menguras cairan dalam tubuh dan menimbulkan dehidrasi.

“Bawa air kemanapun pergi, apalagi untuk yang jauh, rIsikonya bisa dehidrasi. Itu untuk awal sama menguasai pertolongan pertama,” sambungnya.

Sementara itu seoranh pesepeda, Setio Wahyono (35) mengungkapkan kegiatan semacam ini harus terus disosialisasikan supaya para pesepeda lebih sadar untuk mengutamakan keselamatan dalam beraktivitas.

“Masih banyak yang kurang tapi banyak juga yang tertib, kampanye sosialisasi harus giat lagi. Berkendara juga harus safety seperti helm, sepatu, deker lutut, juga harus berikan kode isyarat kalau belok kanan kiri,” ujarnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved