Vokasi

Gisma Training Center Jababeka, Pusat Vokasi Industri Mesin untuk SDM Berkualitas

Gisma Training Center, sebuah pusat vokasi atau pendidikan keahlian dalam industri mesin kini hadir di Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Gisma Training Center Jababeka, Pusat Vokasi Industri Mesin untuk SDM Berkualitas
Muhammad Azzam
PERESMIAN Gisma Training Center, SMK Industri Indonesia, sebagai pusat vokasi atau pendidikan keahlian dalam industri mesin di Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (6/12/2018). 

PUSAT vokasi atau pendidikan keahlian dalam industri mesin kini hadir di Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi.

PT Gisma Cipta Sukses Cikarang Bekasi atau Gisma Training Center hadir sebagai pusat vokasi SMK Industri Indonesia.

Pusat vokasi itu merupakan program Kementrian Perindustrian Republik Indonesia melalui Pusdiklat Industri bekerja sama dengan PT Gisma Cipta Sukses. Gisma Training Center di Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, diresmikan pada Kamis (6/12/2018) lalu.

Direktur PT Gisma Cipta Sukses Agustinus Beni Setyagara mengatakan, hadirnya pusat vokasi ini untuk turut membantu pemerintah dalam mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam bidang industri mesin.

Gisma Training Center merupakan pusat vokasi SMK Industri Indonesia sebagai sarana untuk memberikan edukasi kepada Kepala Sekolah dan Siswa SMK khususnya Jurusan Permesinan, Mekatronika dan Otomasi.

"Jadi program ini bisa dirasakan manfaatnya bagi industri dan SMK. Lulusan SMK harus punya keahlian, jangan justru tidak dapat bersaing dan menjadi pengangguran," kata Beni, Minggu (9/12/2018).

Ia mengungkapkan sampai saat ini belum bergeser sedikit pun tujuan dari pendidikan Menengah Kejuruan yaitu menciptakan tenaga terampil yang siap pakai di dunia industri.

Namun, faktanya lulusan SMK belum bisa berdaya saing karena antara dunia pendidikan dan industri belum ada keselarasan baik dari sisi Kurikulum, standarisasi alat, bahkan disiplin budaya kerja.

PERESMIAN Gisma Training Center, SMK Industri Indonesia, sebagai pusat vokasi atau pendidikan keahlian dalam industri mesin di Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (6/12/2018).
PERESMIAN Gisma Training Center, SMK Industri Indonesia, sebagai pusat vokasi atau pendidikan keahlian dalam industri mesin di Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (6/12/2018). (Muhammad Azzam)

"Adanya program Vokasi Industri Link and match dengan dunia pendidikan ini bisa menjadi solusi, sehingga lulusan SMK tidak lagi dijadikan sebagai penyumbang angka pengangguran di Indonesia," jelasnya.

Beni juga memberikan apresiasi dan penghargaannya kepada Kementrian Perindustrian Republik Indonesia melalui Pusdiklat Industri, Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Bekasi dan SMK seluruh Indonesia yang telah bekerja sama dan mensukseskan berdirinya Gisma Training Center sebagai Pusat Vokasi SMK di Indonesia.

"Semoga hadirnya ini bisa mewujudkan cita-cita pemerintah dalam menciptakan kualitas SDM yang berdaya saing sehingga memakan angka pengangguran," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved