VIDEO: Simulasi Penanganan Kericuhan Pilpres 2019 Digelar Polres Tangsel

Polres Tangerang Selatan menggelar Simulasi Pengamanan Pemungutan Suara di sekitar area Mapolres Tangerang Selatan, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat

Polres Tangerang Selatan menggelar Simulasi Pengamanan Pemungutan Suara di sekitar area Mapolres Tangerang Selatan, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (7/12/2018).

Simulasi tersebut digambarkan akibat kerusuhan yang disebabkan oleh sejumlah masyarakat yang tidak terima karena proses pemungutan suara sudah berakhir.

Sejumlah masa tersebut ditolak untuk memilih suara karena waktu sudah melebihi pukul 13.00 WIB.

Massa pun perlahan-perlahan semakin bertambah dan mencoba merebut kotak suara yang sudah diamankan di dalam mobil bak terbuka.

Sekira 286 personel kemudian segera mendatangi titik kerusuhan, bentrokan pun tidak bisa dihindarkan.

Ratusan massa berhasil dibubarkan setelah polisi menembakkan water canon ke arah massa.

"Simulasi pagi ini untuk sarana pelatihan pengamanan kegiatan pemilu 2019, kita membuat suatu skenario apabila ada gangguan dan bagaiaman penangannya," kata Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan selepas simulasi pengamanan pemungutan suara.

Pengadaan simulasi ini ditujukkan untuk para petugas agar lebih siap jika nantinya terdapat kerusuhan atau gangguan saat pemilu 2019 mendatang.

"Tujuan dari simulasi nanti jika ada gangguan yang bersifat yang gangguan yang mengganggu kegiatan pemilu, aparat yang bertugas mengamankan lebih siap untuk mengamankan gangguan tersebut," ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh perwakilan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Kodim 05/06, KPU dan Bawaslu setempat.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved