VIDEO: Bemo Sudah Dilarang Beroperasi, Tapi Bemo yang Satu Ini Boleh

Sejak setahun lalu, Pemprov DKI melarang Bemo beroperasi di Jakarta. Namun berbeda dengan Bemo yang satu ini.

Sejak setahun lalu, Pemprov DKI melarang Bemo beroperasi di Jakarta. Namun berbeda dengan Bemo yang satu ini.

Bemo milik Sutino (58) atau akrab disapa pak Kinong tampak telah dimodifikasi untuk dijadikan perpustakaan kecil yang menyediakan sejumlah buku anak-anak.

Tempat di belakang sopir yang biasanya dijadikan tempat duduk penumpang, kini telah disulap menjadi dua rak tempat menyimpan barang.

Pengamatan Kompas.com pada bemo baca Pak Kinong, Jumat (7/12/2018), satu rak digunakan untuk menempatkan buku-buku, sementara rak lainnya digunakan untuk makanan yang dijual Pak Kinong. Tampak pula peralatan-peralatan untuk berjualan seperti coolbox untuk menyimpan minuman pada bagian tengah bemo.

Pak Kinong adalah sopir bemo yang merintis bemo baca di Jakarta sejak tahun 2013. Ia berprofesi sebagai sopir bemo sejak tahun 1976 sampai 2017.

Ia mulai berkeliling dengan bemo tuanya ke gang-gang sempit sejak tahun 2013 sampai pertengahan tahun 2017. Tak hanya gang sempit di kawasan Tanah Abang dan sekitarnya.

Sejak pertengahan tahun 2017, Pak Kinong hanya menempatkan bemo bacanya di depan gang rumahnya dari pagi hingga sore pukul 15.00 WIB.

Selanjutnya, ia menyulap bemonya menjadi tempat berjualan makanan. Ia berjualan makanan bersama istrinya di kolong flyover Karet setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB.

KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved