Menteri Sosial: Pemerintah Berpihak Pada Kelompok Disabilitas

Pemerintah Jokowi sangat berpihak pada keluarga pra-Sejahtera belum lagi dengan program KIP dan KIS, hasilnya angka gini ratio semakin turun.

Menteri Sosial: Pemerintah Berpihak Pada Kelompok Disabilitas
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Menteri Sosial Agus Gumiwang sedang mencoba kursi roda penyandang disabilitas dalam acara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Summarecon Bekasi, Kota Bekasi pada Minggu (2/12/2018). 

Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan kuliah umum kepemimpinan dengan tema 'Kesejahteraan Sosial Rakyat' di Kampus STT REM, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (6/12/2018).

Dalam kesempatan itu, Menteri Sosial memberikan pandangannya mengenai upaya pemerintah untuk menurunkan kesenjangan sosial antara masyarakat di perkotaan dan pedesaan serta mengurangi disparitas antara kelas atas dan bawah.

“Kami berusaha meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan dengan program Indonesia Pintar serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai program kewirausahaan,” ujar Agus.

Agus menyebutkan adanya kebijakan bantuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terus menjangkau dan bertambah dihitung dari jumlah keluarga dari jumlah anak dan lansia ataupun penyandang disabilitas.

“Pemerintah Jokowi sangat berpihak pada keluarga pra-Sejahtera belum lagi dengan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), untuk itu hasilnya angka gini ratio semakin turun,” ujarnya.

Berdasarkan data Program Keluarga Harapan (PKH) dari tahun ke tahun 2015-2017 saja telah jadi graduasi PKH sebesar 230.351 KPM karena berbagai program kewirausahaan yang dilakukan Kementerian Sosial dan jajaran terkait lainnya.

Selain itu diketahui saat ini tercatat ada sebanyak 119.311 jiwa kelompok disabilitas yang berada dibawah naungan program PKH Kementerian Sosial.

Sedangkan untuk Lansia jumlahnya mencapai 1.620.501 orang.

“Penyandang disabilitas juga sudah saya tegaskan kepada Menteri Perindustrian dan Menteri Tenaga Kerja untuk benar-benar sesuai diserap oleh dunia kerja dan industri. Pemerintah sangat berpihak kepada kaum disabilitas,” tegas Agus. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved