Baru Mau Dibangun, Pondasi Bangunan di Lebak Bulus Dibongkar Satpol PP

Sebuah bangunan di Jalan R.A Kartini, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, ditertibkan lantaran tidak menjalankan aturan

Baru Mau Dibangun, Pondasi Bangunan di Lebak Bulus Dibongkar Satpol PP
Warta Kota/Feryanto Hadi
Sejumlah petugas Satpol PP membongkar bangunan di Jalan R.A Kartini, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, lantaran tidak menjalankan aturan pembangunan, yakni membangun tidak sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

SEBUAH bangunan di Jalan R.A Kartini, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, ditertibkan lantaran tidak menjalankan aturan pembangunan, yakni membangun tidak sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin mengatakan, penertiban ini merupakan salah satu wujud dalam melaksanakan penegakan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Bangunan Gedung, dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 128 Tahun 2012 Tentang Pengenaan Sanksi Pelanggaran Penyelenggaraan Bangunan Gedung.

"Bangunan sudah memiliki IMB, namun yang ditertibkan yaitu hanya yang menyalahi IMBnya saja," kata Arifin saat memimpin penertiban, Rabu (5/12/2018).

Dalam penertiban itu, para petugas merobohkan tiang yang akan menjadi penyangga bangunan utama.

Sementara, Kepala Seksi Penindakan Suku Dinas Citata Jaksel Bonar Ambarita menambahkan, penertiban ini dilakukan lantaran bangunan itu membangun melebihi Koefisien Luas Bangunan (KLB) yang sudah ditentukan.

"Sudah memberikan surat peringatan, surat segel dan Surat perintah bongkar kepada pemilik, tetapi sampai batas waktu tidak dihiraukan hingga akhirnya kita tertibkan," terangnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Administrasi Jakarta Selatan Ujang Harmawan membeberkan, pada penertikan kali ini pihaknya mengerahkan sebanyak 60 personel yang terdiri dari Satpol PP, TNI, Polri serta kuli kasar bangunan dan juga satgas terkait.

"Penertiban ini berlangsung kondusif karena pemilik juga menyadari kesalahannya," pungkasnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved