Utang BUMN Menggunung, Fadli Zon: Cuma Itu yang Bisa Dilakukan Rezim Gagal Ini

Masifnya pembangunan infrastruktur bersumber dari utang negara memicu lonjakan utang BUMN sebesar Rp 5.271 triliun hingga bulan September 2018

Utang BUMN Menggunung, Fadli Zon: Cuma Itu yang Bisa Dilakukan Rezim Gagal Ini
tribunnews
Fadli Zon/ Rina Ayu 

MASIFNYA pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah pusat, memicu lonjakan utang pada sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai rezim pemerintahan Joko Widodo telah gagal. Pernyataan keras itu disampaikan Fadli Zon lewat akun twitternya, @fadlizon, Selasa (4/12/2018).

Peningkatan utang BUMN itu dinilai Fadli Zon harus diwaspadai. Sebab, menurunnya kinerja BUMN akan berpengaruh pada ekonomi bangsa secara keseluruhan.

Jalan Rusak di Kalimalang Bikin Macet, Dishub Kota Bekasi Terapkan Contraflow

Karena itu, Jokowi, sapaan Joko Widodo, ia anggap telah gagal memimpin bangsa. Jokowi disebutnya tidak dapat memperbaiki keadaan dan hanya berlindung di balik manisnya pencitraan.

"Ekonomi kita dlm bahaya. Kini hanya berlindung dibalik pencitraan2 semu. Cuma itu yg bisa dilakukan rezim gagal ini," tulis Fadli Zon.

Dikutip dari Kompas.com, utang BUMN yang diketahui dipicu masifnya pembangunan infrastruktur bersumber dari utang luar negeri itu, tercatat meningkat dalam kurun waktu dua tahun belakangan.

Ini 10 BUMN dengan Utang Terbesar, Ada yang Tembus Rp 1.000 Triliun

Kementerian BUMN mencatat adanya kenaikan signifikan, yakni sebesar 132,92 persen dari semula sebesar Rp 2.263 triliun pada tahun 2016, naik menjadi sebesar Rp 5.271 triliun hingga September 2018.

Terkait hal tersebut, sejumlah pimpinan BUMN menggelar rapat dengan anggota Komisi VI DPR, untuk menggelar rapat kerja di Gedung DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (3/11/2018).

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mengungkap daftar 10 BUMN dengan utang terbesar hingga kuartal III 2018.

Anies Baswedan: Korpri Harus Jadi Institusi yang Membuat Pemerintahan Makin Efektif

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved