Ujicoba Penanaman Eceng Gondok Dilakukan di Saluran Phb Bisma

Ujicoba penanaman eceng gondok dilakukan di Kali Inlet 3 atau saluran penghubung (Phb) Bisma, Sunter Agung

Ujicoba Penanaman Eceng Gondok Dilakukan di Saluran Phb Bisma
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Penanaman eceng gondok di Kali Inlet 3, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Ujicoba penanaman eceng gondok dilakukan di Kali Inlet 3 atau saluran penghubung (Phb) Bisma, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (3/12).

Apabila sukses, langkah serupa akan dilaksanakan di Kali Sentiong atau Kali Item.

Kasatpel UPK Badan Air Jakarta Utara, Lambas Sigalingging mengatakan ada beberapa alasan penanaman eceng gondok dilakukan di lokasi tersebut.

Selain itu karakteristik Kali Inlet 3 atau saluran Phb Bisma serupa dengan Kali Sentiong.

“Pertama ini kan panjangnya cuma 700 meter, coba kalau kita bikin di Kali Sentiong, dari mana saya harus dapat bibit? coba bayangin berapa kolom harus saya bikin?,” ungkap Lambas, Senin (3/12).

Lokasi penanaman eceng gondok yang sudah dilakukan sejak kemarin, berada persis di samping proyek Jakarta International Stadium milik Pemprov DKI Jakarta, yang lebih dikenal dengan nama Taman BMW.

“Jadi ini panjang kali sekitar 700 meter, lebarnya 11 meter. Ini eceng gondok akan kita bikin dua kolom, masing masing sekitar 50 meter. Jadi total yang ditanami 100 meter kubik, kedalaman sekitar 50 meter,” katanya.

Nantinya secara periodik akan dilakukan pengujian terhadap perkembangan air di lokasi tersebut setelah adanya penanaman eceng gondok.

Diharapkan setelah tiga bulan sudah bisa diperoleh hasilnya.

“Kita coba dulu di kali yang pendek sehingga lebih efektif hasilnya. Saya rasa kalau ini sudah sukses, sudah pasti lah (diterapkan di Kali Sentiong), mungkin juga akan jadi program,” tegasnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved