Jembatan Penyeberangan Orang di Jakarta Bakal Pakai Motif Batik

Jembatan penyeberangan orang atau JPO di Jakarta bakal memakai hiasan dengan motif batik.

Jembatan Penyeberangan Orang di Jakarta Bakal Pakai Motif Batik
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Ilustrasi jembatan penyeberangan orang saat proses perbaikan. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Bina Marga DKI Jakarta, Hans Mahendra, mengatakan, pihaknya selain sibuk melakukan pembenahan terhadap jembatan penyeberangan orang atau JPO, juga berencana membuat jembatan penyeberangan orang bermotif batik.

"Ada pengecetan dan dekorasi-dekorasi batik," kata Hans, Senin (4/12/2018).

Hans mengatakan, jembatan penyeberangan orang bermotif batik ada di JPO Daan Mogot KM 17-18, JPO Bandengan, dan JPO Tendean di Jakarta Selatan. Saat ini ketiga JPO tersebut tengah pemasangan struktur.

"Sekalian JPO Jembatan Dua itu pemasangan atap. Belum ada atapnya," ujarnya.

Mendesain jembatan penyeberangan orang bermotif batik, kata Hans, bukan karena akan digelar sebuah event atau acara besar. Namun sudah berencana untuk mempercantik JPO.

"Dalam rangka menjalankan tugas. Sampai saya pensiun, saya tetap bekerja. Enggak ada karena event apa-apa kok," kata Hans.

Hans mengatakan, untuk mempercantik JPO dengan mengerahkan beberapa arsitek di Jakarta.

"Desainnya kami punya kumpulan cukup banyak dan arsitek-arsitek yang bantu-bantu kami. Lalu, motifnya punya hampir 100 model batik. Nanti, setiap JPO tidak ada yang sama (desainnya)," katanya.

Beberapa motif batik di antaranya motif tumbuhan, islamik, betawi, dan sebagainya. Jika proses mempercantik JPO bakal rampung pada 15 Desember 2018.

"Lagi kami mulai sekarang. Sementara ini kami lalukan perbaikan dan finishing cat dulu, baru kami pasang desainnya. Nanti desainnya pakai laser cutting. Kami include desainnya dan laser sendiri desainnya. Saya itu ingin JPO indah, orang senang lewat JPO, enggak lewat bawah yang banyak kendaraan. Kalau di atas bisa lebih aman. Rencananya ke depan, lantai JPO mau kami buat desain 3 Dimensi. Rencana mau coba mungkin awal tahun," kata Hans.

Peresmian Jembatan Penyeberangan Multifungsi Tanah Abang Molor karena Belum Kelar

Kondisi Terkini Jembatan Penyeberangan Orang Daan Mogot Saat Proses Perbaikan

Satu Jembatan Penyeberangan Orang Baru Dibangun di Jakarta Timur Tahun Ini

 

Penulis: Panjibaskhara
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved