Di Puri Kencana, Aparat Pemkot Jakarta Barat Berbagi Jatah Pengelolaan PKL di Fasum Fasos

Perizinan PKL di Jalan Puri Kencana untuk menyerobot fasum fasos ternyata dibagi-bagi diantara aparat Pemkot Jakarta Barat.

Di Puri Kencana, Aparat Pemkot Jakarta Barat Berbagi Jatah Pengelolaan PKL di Fasum Fasos
Warta Kota/ Panji Baskhara Ramadhan
Sejumlah Pedagang Kaki Lima memanfaatkan lahan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang kini terlihat di Jalan Puri Kencana, Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (2/12/2018). Pengunjung pun memarkirkan mobil di badan jalan. 

SEJUMLAH tenda pedagang kaki lima (PKL) berdiri tegak di pinggiran Jalan Puri Kencana, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.

Sebagian PKL berjualan di Pujasera Puri yang dibangun Sudin KUMKMP di pinggiran jalan sehingga para pengunjung memarkirkan kendaraan di badan jalan.

Sejumlah PKL lain berjualan di sebelah Pujasera Puri.

Mereka mengaku dipungut biaya Rp 500.000 oleh preman untuk dapat berjualan di lahan yang sebenarnya diperuntukkan jalur hijau tersebut. 

Camat Kembangan Agus Ramdhani mengatakan akan mencari tahu kebenaran soal setoran PKL ke preman itu.

Menurut Agus, aspirasi PKL yang berdagang di sebelah Pujasera Puri binaan Sudin KUMKMP disampaikan pihak RW setempat ke Kelurahan.

"Memang, untuk di lokasi tersebut merupakan permintaan RW kepada pihak Kelurahan. Maka untuk sementara pedagang kecil itu kami beri kesempatan seluas-luasnya. Adanya informasi (soal setoran ke preman) itu akan dicari tahu," papar Agus, pada Minggu (2/12/2018).

Menurut Agus, pihaknya mengizinkan PKL berdagang sementara di atas lahan fasilitas umum dan fasilitas sosial (Fasos-Fasum) untuk dapat membantu meningkatkan ekonomi mereka.

"Sekarang ini, harus kami berikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk berusaha, agar PKL yang berkonomi sulit itu dapat tingkatkan taraf perekonomian mereka," katanya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) KUMKMP Jakarta Barat, Nur'aini Silviana sebut para PKL tersebut bukan lah pedagang binaan pihaknya.

"Mereka (PKL) bukan pedagang binaan kami," tuturnya.

Penulis:
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved