Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran MBS, Jusuf Kalla Bahas Kilang Minyak di Cilacap

Wapres Jusuf Kalla membahas rencana pembangunan kilang minyak Cilacap saat bertemu dengan putra mahkota Arab Saudi Pangeran MBS di Argentina.

Dok. Tim Media Wakil Presiden
WAKIL Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammad Bin Salman (MBS) di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Buenos Aires, Argentina, Jumat (30/11/2018). 

WAKIL Presiden Jusuf Kalla ( JK ) bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed Bin Salman (MBS) di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Buenos Aires, Argentina, Jumat (30/11/2018).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara membahas tentang peningkatan kerjasama ekonomi bilateral di berbagai bidang, termasuk kilang minyak, IT dan pelatihan tenaga kerja.

Kalla menjelaskan bahwa pembangunan salah satu situs kilang minyak di Cilacap erat kaitannya dengan investasi Arab Saudi di Indonesia. Keduanya sepakat pembangunan kilang tersebut akan dipercepat.

Ketegangan dengan Ukraina Makin Panas, Rusia Uji Coba Persenjataan Miliknya

Menlu AS: Tak Ada Bukti Langsung Pangeran MBS Perintahkan Pembunuhan Jamal Khashoggi

“Kita kan sudah ada perjanjian untuk membangun kilang minyak di Cilacap, investasinya cukup besar sekitar 6 miliar dolar AS. Mereka minta dipercepat untuk dimulainya,” ujar Kalla seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (1/12/2018).

Kalla mengakui faktor terhambatnya pembangunan kilang minyak ada pada pihak Indonesia. Pemerintah belum menyiapkan lahan untuk kebutuhan tersebut.

“Kita harus mengakui terhambatnya itu ada di pihak kita yang belum menyelesaikan masalah lahan, untuk itu mereka minta dipercepat," ucapnya.

Pemerintah berharap dengan adanya kilang minyak di Cilacap, Indonesia memiliki tempat penyimpanan minyak yang cukup besar.

Dengan demikian, kata Kalla, pemerintah dapat mengurangi impor minyak.

“Kami harap kalau kilang minyak jadi, kita bisa mengurangi impor minyak," tutur Kalla.

Dalam pertemuan bilateral dengan Pangeran MBS itu,  Kalla didampingi oleh Menpan RB Syafruddin, Menkominfo Rudiantara, Wakil Menlu Mohammad Fachir dan sekretaris Wakil Presiden Mohammad Oemar. (Kristian Erdianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bertemu Pangeran Arab Saudi, Kalla Bahas Kilang Minyak di Cilacap"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved