Indonesia Mengalami Transisi Epidemiologi Penyakit, Jumah Kasus Penyakit Tidak Menular Meningkat

Indonesia Mengalami Transisi Epidemiologi Penyakit, Jumah Kasus Penyakit Tidak Menular Meningkat.

Earth Chronicles
Ilustrasi sel kanker 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Di Indonesia, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, jumlah kasus penderita (prevalensi) tumor atau kanker adalah 1,4 per 1.000 penduduk, atau sekitar 330.000 orang.

Dokter Andi Nafsiah Walinono Mboi, SpA MPH, dari Indonesian Center for Strategic and International Studies (CSIS), mengatakan, selama 27 tahun terakhir sejak tahun 1990 sampai 2016, indikator kesehatan di Indonesia mengalami perbaikan yang sangat signifikan. Namun perbaikan tersebut tidak merata di semua indikator.

"Saat ini Indonesia mengalami transisi dalam epidemiologi penyakit, ditandai dengan masih tingginya prevalensi penyakit menular, dan pada saat yang sama penyakit tidak menular seperti kardiovaskular dan kanker juga sedang meningkat," kata Nafsiah dalam acara InaHEA 2018 di Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (1/11/2018).

Prof Budi Hidayat, SKM MPPM PhD, dari Center for Health Economics and Policy Studies (CHEPS), mengatakan, biaya pengobatan untuk penyakit degeneratif seperti kanker merupakan penyebab kemiskinan di negara-negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Budi menyampaikan, upaya optimalisasi layanan kesehatan kanker di dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) perlu didukung oleh kebijakan kesehatan yang dapat memastikan tersedianya akses yang setara, tepat waktu dan terjangkau untuk pasien.

Untuk itu, katanya, diperlukan adanya fungsi maksimal dalam perencanaan pengendalian kanker nasional dengan pelibatan seluruh pemangku kepentingan serta optimalisasi dalam alokasi investasi dan upaya pembiayaan bersama.

Sementara itu, penyintas kanker dan pendiri Cancer Information and Support Center (CISC), Aryanthi Baramuli Putri, mengatakan, penghargaan kepada Kementerian Kesehatan yang mulai melibatkan organisasi pasien dalam diskusi terkait kebijakan kesehatan.

Kenali Bahaya Kanker Tiroid, Perhatikan Tanda-tandanya

Kenali Gejala Kanker pada Anak Sejak Dini, Ada 6 Jenis Kanker Menyerang Anak

Kisah Natarini Setyaningsih Melawan Kanker

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved