Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali Bakal Ditambah

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berencana melakukan pelebaran atau penambahan lajur di ruas Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali.

Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali Bakal Ditambah
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ada 2400 steel box girder proyek Jakarta - Cikampek Elevated II (Jalur tol layang). 

WARTA KOTA, PALMERAH--- PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berencana melakukan pelebaran atau penambahan lajur di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Penambahan lajur di Tol Jakarta-Cikampek untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan sebagai akses ke Pelabuhan Patimban.

Direktur Operasional II Jasa Marga, Subakti, mengatakan, penambahan lajur Tol Jakarta-Cikampek akan dilakukan di segmen Karawang Barat-Cikopo sepanjang 35 km. Dengan demikian, jumlah lajur akan bertambah menjadi lima untuk kedua arah.

Selain itu, Jasa Marga juga berencana melakukan penambahan lajur di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Namun, rencana tersebut masih dalam kajian dan tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kami lihat terlebih dahulu, bagaimana traffic atau kondisi lalu lintasnya,” kata Subakti usai meninjau proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek di km 25, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Kamis (29/11/2018).

Penambahan lajur di Tol Cipali dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, dari dan menuju Pelabuhan Patimban di Subang.

Pelabuhan Patimban rencananya akan menjadi pelabuhan penunjang kawasan industri di timur Jakarta, seperti Cikarang, Cibitung, Karawang, hingga Cikampek.

Hal tersebut tentunya akan ikut menambah arus kendaraan, terutama kendaraan barang di ruas Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan pembangunan jalan tol sepanjang 37,7 km dari Pelabuhan Patimban ke ruas Tol Cipali.

Proyek tol dengan nilai investasi sebesar Rp 6,4 triliun ini diprakarsai oleh konsorsium yang terdiri dari PT Jasa Marga, PT Surya Semesta Internusa, PT Daya Mulia Turangga, dan PT Jasa Sarana.

Pembangunan akses tol ke Pelabuhan Patimban dilakukan untuk melengkapi akses jalan sepanjang 8 km yang terhubung langsung dengan Jalan Nasional Pantai Utara (Pantura) di wilayah Pamanukan, Subang.

Adapun dana yang digunakan untuk pembangunan jalan akses ini sebesar Rp 1,12 triliun melalui kucuran investasi dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

Hindari Kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek Pukul 22.00-05.00 WIB, Rute Alternatif dari Jasa Marga

Jasa Marga Minta Penindakan Pemberlakukan Pembatasan Truk di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Konsisten

Trans Jawa Tersambung, Jasa Marga Berupaya Mengurangi Kepadatan Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Kontan.co.id/Rezha Hadyan
Berita ini sudah diunggah di Kontan.co.id dengan judul Jasa Marga akan tambah lajur Tol Jakarta Cikampek dan Cipali

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved