Meski Pihak TMII Surati Gubernur DKI, Pemkot Jaktim Takkan Berikan Keringanan Pajak

Ari mengakui Pemprov DKI memang sedang mengeluarkan kebijakan penghapusan pajak, di mana ada keringanan bagi pajak hiburan bersifat sosial.

Meski Pihak TMII Surati Gubernur DKI, Pemkot Jaktim Takkan Berikan Keringanan Pajak
Warta Kota
Sejumlah pengujung terlihat memadati lokasi wisata TMII saat libur lebaran. Senin (18/6). 

PEMERINTAH Kota Administrasi Jakarta Timur tak akan memberikan keringanan pada objek wanaha Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang belum melunasi pajak daerah.

Sebab, keringanan pajak hanya berlaku pada pajak hiburan bersifat sosial. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Timur Ari Sonjaya. Ia mengungkapan, sejauh ini tidak ada keringanan yang akan diberikan pada wajib pajak yang bersifat komersial murni.

"Sementara keringanan bukan secara umum, tapi parsial beberapa potensi pajak untuk pajak hiburan. Kalau Snowbay itu enggak, karena yang diberikan adalah yang bersifat sosial, komersil tidak kita berikan. Yang menggandeng sponsor itu tetap dikenakan pajak," jelas Ari Sonjaya di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (29/11/2018).

Jika Sampai Bulan Depan Tak Lunasi Pajak, Pemkot Jaktim Ancam Laporkan Pihak TMII ke KPK

Ari mengakui Pemprov DKI memang sedang mengeluarkan kebijakan penghapusan pajak, di mana ada keringanan bagi pajak hiburan bersifat sosial. Sedangkan tempat hiburan yang bersifat komersil murni, tidak ada keringanan tunggakan pajak.

Dirinya mengakui bahwa pihak manajemen Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah berkirim surat ke Gubernur DKI Jakarta untuk meminta keringanan pembayaran pajak. Namun, dirinya memastikan bahwa tidak ada keringanan yang akan diberikan.

"Iya, pengajuan itu memang dilakukan, tapi kami menilai apakah itu pantas atau tidak, karena memang TMII ini berbeda, yaitu bersifat komersil murni," ujarnya.

KNKT Duga Pesawat Lion Air PK-LQP Jatuh karena Sensor AoA Rusak

Sebelumnya, sejak Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur memasang plang penunggakan pajak, TMII belum melakukan pelunasan. Ada pun pajak tunggakan mencapai Rp 1,9 miliar.

Rinciannya, tunggakan pajak Snowbay Rp 871 juta, Teater Imax Keong Mas Rp 386 juta, Taman Aquarium Air Tawar Rp 360 juta, Skylift kereta gantung Rp 168 juta, Desa Wisata Rp 74 juta, dan Sasono Langgeng Budoyo Rp 79 juta. (*)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved