Jakarta Banjir

Akibat Drainase Buruk, Jalan di Kawasan Industri JIEP Tergenang

Hujan yang menguyur di beberapa kawasan Jakarta, Kamis (29/11) sempat membuat beberapa lokasi di Jakarta Timur tergenang

Warta Kota/Joko Supriyanto
Genangan air akibat hujan deras memenuhi Jalan Industri JIEP, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (29/11). 

CAKUNG, WARTA KOTA -- Hujan yang menguyur di beberapa kawasan Jakarta, Kamis (29/11) sempat membuat beberapa lokasi di Jakarta Timur tergenang.

Akibat genangan tersebut sempat membuat aktifitas pengendara terganggu.

Salah satu kawasan yang terdampak genangan akibat hujan deras yakni salah satunya di Jalan Industri JIEP, Pulogadung, Jakarta Timur.

Dimana jalan alternatif yang biasa digunakan warga sekitar dan pengendara ini tergenang mencapai betis orang dewasa.

Beberapa pengendara yang nekat untuk menerobos genangan pun mengalami mati mesin, tak hayal mereka pun terpaksa menuntun kendaraanya hingga ke lokasi yang lebih aman.

Selain itu, hujan deras juga membuat material tanah merah tumbah ke jalan hingga membuat genangan menjadi coklat pekat, bahkan akibat lumpur tanah tersebut, beberapa diantar pengendara sempat tergelincir, karena licinnya kondisi jalan.

Salah seorang pengendara, Nurmadi (37) mengatakan bahwa kawasan tersebut memang kerap kali tergenang jika hujan deras. Bahkan jika intensitas hujan tinggi kawasan tersebut tidak dapat dilalui kendaraan roda dua.

"Disini mah udah sering, orang juga yang lewat sini pasti tahu, apalagi kalo hujan, itu pasti tergenang. Tapi ini masih mending, kendaraan roda dua masih bisa lewat, kalo udah hujan berenti lama, udah ngak bisa lewat," kata Nurmadi, Kamis (29/11/2018).

Diungkapkannya bahaa faktor genangan yang terjadi karena drainase yang tidak berfungsi dengan baik.

Sehingga karena tingginya air yang masuk membuat air di saluran meluap ke jalan hingga membuat genangan.

"Kalo ini kan seringnya drainasenya yang buruk makannya ngak bisa nampung air, jadi meluapnya ke jalan," katanya.

Tak hanya itu hal serupa juga dikatakan Dani (40) salah satu pengemudi ojek online. Ia pun terpaksa harus membatalkan orderannya yang ia terima karena motor yang ia kendarai mogok akibat menerjang genangnan.

"Apes ini, baru mau ambil costumer, malah mogok, padahal mau ambil di Arion situ," katanya.

Ia mengaku sangat terganggu dengan adanya genangan yang kerap kali melanda kawasan Industri JIEP Pulogadung tersebut. Untuk itu dirinya berharap drainase yang berada di kawasan tersebut diperhatikan.

"Sangat terganggu pasti, jadi ngak bisa ngojek saya. Ya berharap untuk pihak terkait, tolong dibenerin itu drainasenya, ini penyebabnya kan memang drainase yang buruk menurut saya," ujarnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved