Pesawat Jatuh

Sensor AoA Lion Air PK-LQP Pernah Rusak dan Diperbaiki di Florida

Nurcahyo juga mengatakan, KNKT akan segera mengevaluasi 385 penerbangan yang telah dilakukan pesawat itu.

Sensor AoA Lion Air PK-LQP Pernah Rusak dan Diperbaiki di Florida
istimewa
Pesawat Lion Air Boeing 737 Max 8 

KETUA Sub Komite Investigasi Kecelakaan PenerbanganKomite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Nurcahyo Utomo menjelaskan, sensor Angle of Attack (AoA) pesawat Lion Air PK-LQP, pernah diperbaiki di Florida, Amerika Serikat.

Sensor AoA adalah sensor untuk mengukur arah udara untuk menentukan apakah moncong pesawat perlu dinaikkan atau diturunkan, agar pesawat tak kehilangan daya angkat. Sensor AoA terdapat di bagian kanan dan kiri pesawat, dekat dengan hidung pesawat.

“AoA di pesawat itu pernah diperbaiki di Florida, Amerika Serikat. KNKT akan lakukan pemeriksaan fasilitas di sana dan bagaimana proses perbaikannya,” ucap Nurcahyo ditemui di Kantor KNKT, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).

Anies Baswedan Sebut Lokasi Longsor di Kalisari Lahan Hijau yang Tak Seharusnya Ada Bangunan

Nurcahyo juga mengatakan pihaknya akan melakukan CT Scan terhadap AoA pesawat itu, yang telah diganti sebelum penerbangan pesawat yang sama dari Denpasar ke Jakarta pada malam sebelumnya.

“AoA yang telah diganti sebelumnya dan telah ditemukan di Bali akan dilakukan CT Scan di Chicago, untuk dianalisis apakah ada pemasangan yang tak sesuai atau ada pembongkaran,” paparnya.

“Kami juga akan rekonstruksi kecelakaan itu pada fasilitas engineering simulator yang dimiliki Boeing selaku produsen pesawat itu,” sambung Nurcahyo.

Nurcahyo juga mengatakan, KNKT akan segera mengevaluasi 385 penerbangan yang telah dilakukan pesawat itu, melalui data blackbox yang didapat melalui ‘quick data access’. (Rizal Bomantama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved