Jokowi Akui Kebut Rampungkan Pembangunan Infrasruktur demi Pemilu

Jokowi melanjutkan, pemerintah akan meresmikan sejumlah proyek besar di akhir tahun ini hingga 2019.

Jokowi Akui Kebut Rampungkan Pembangunan Infrasruktur demi Pemilu
Erwin Hutapea/Kompas.com
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Gempol-PAsuruan Seksi 2 Rembang-PAsuruan di Berbang Tol (GT) Pasuruan, Jumat (22/6/2018). 

PRESIDEN Joko Widodo mengaku salah satu alasannya mengejar target pembangunan infrastruktur adalah untuk kepentingan pemilihan umum (pemilu) pada April 2019.

Dia mencontohkan proyek tol Bakauheni yang awalnya ditargetkan selesai pada Juni 2019, namun diminta agar rampung dua bulan sebelumnya.

"Tol dari Bakauheni ke Palembang, saya cek di lapangan kemarin dan saya tanya selesai kapan? Mei-Juni, saya minta itu diselesaikan April, kenapa April? Tahu kan," ujarnya dalam Kompas100 CEO Forum di JCC Senayan, Selasa (27/11/2018).

Tak Ada Izin, Anies Baswedan Bakal Audit Bangunan di Lokasi Longsor Kalisari

"Bukan untuk apa-apa. Ini pikirannya pasti beda. Supaya bisa kita pakai untuk Lebaran, tapi juga termasuk untuk pemilu juga. Sudah, kita blak-blakan saja," sambungnya, diiringi tawa peserta forum yang terdiri dari para pemimpin perusahaan.

Jokowi melanjutkan, pemerintah akan meresmikan sejumlah proyek besar di akhir tahun ini hingga 2019. Di antaranya, tol Jakarta-Surabaya, tol Merak-Banyuwangi, dan tol Trans Sumatera.

"Saya sudah minta sebelum Natal diresmikan, ndak tahu naik motor atau naik apa. Nanti dicoba berapa jam naik mobil. Kemudian Merak-Banyuwangi, 2019 pertengahan atau mundur dikit juga akan disambungkan. Kemudian, Trans Sumatera dari Lampung ke Palembang, saya akan resmikan di akhir Desember tahun ini," paparnya.

Anies Baswedan Kasih Pilihan: Mau Longsor Atau Cari Tempat Lain yang Lebih Aman?

Proyek infrastruktur lainnya adalah Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara, dan Pelabuhan New Makassar yang bakal diresmikan di awal 2019.

"Kalau ini ndak tahu kenapa selesainya pas pemilu," ucapnya. (Ria Anatasia)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved