Persija Jakarta

DPRD DKI Setujui Pembangunan Kandang Persija tapi Desainnya Berubah

DPRD DKI Jakarta akhirnya menyetujui pembangunan stadion internasional di taman BMW, Sunter sebagai kandang Persija Jakarta

DPRD DKI Setujui Pembangunan Kandang Persija tapi Desainnya Berubah
Kompas.com
Rancangan Stadion Internasional Jakarta yang dibuat oleh PT Pandega Desain Weharima selaku pemenang sayembara desain stadion tersebut. Stadion ini direncanakan akan dibangun Taman BMW (Bersih-Manusiawi-Berwibawa) Sunter, Jakarta Utara. 

RENCANA pembangunan stadion untuk Persija Jakarta yang dijanjikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menemukan titik terang.

Sebelumnya Anies mengatakan bahwa dirinya siap untuk membangun stadion internasional di taman BMW, Sunter namun masih menunggu persetujuan dari DPRD DKI terlebih dahulu.

Dilansir dari Kompas.com, akhirnya DPRD DKI Jakarta menyetujui pembangunan stadion internasional di taman BMW, Sunter yang nantinya akan digunakan sebagai kandang Persija Jakarta.

Keputusan tersebut diketuk palu setelah Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta menyetujui penyertaan modal daerah (PMD) yang dikerjakan Jakpro dalam rancangan APBD DKI 2019 untuk membangun stadion tersebut.

Kelurahan Kranji Bakal Legalkan Lapangan Sepak Bola Tak Bertuan

Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto mengungkapkan adanya pemangkasan PMD di tahun 2019 dari 1,6 trilliun menjadi 400 milliar.

"Untuk stadion Jakarta internasional, yang rencana Rp 1,6 triliun untuk 2019, kami mulai dengan Rp 400 miliar untuk penyiapan lahan dan skemanya public private partnership," ujar Dwi seperti BolaSport.com lansir dari Kompas.com.

The Jakmania Senang Stadion Aldiron Rampung Dibangun

Sementara itu untuk membangun stadion internasional ini membutuhkan waktu tiga tahun dimulai dari tahun 2019 dengan total biaya pembangunan Rp 4,5 trilliun.

Pada 2019, Jakpro akan merancang ulang desain atau detail engineering design (DED) mengingat pembangunan stadion BMW akan diintegrasikan dengan pengembangan kawasan di sekitarnya.

Persib U 19 Jadi Juara Setelah Kalahkan Persija, Kemenangan untuk Bobotoh

PMD Rp 400 miliar itu telah dihitung cukup untuk merancang DED tersebut.

"Perubahan desain ini butuh biaya sebelum mulai proses tender. Integrasi desain kami akan coba gunakan untuk mengoptimalkan fungsi stadion, tidak hanya khusus untuk sepak bola, tapi juga untuk fungsi yang lain. Biaya pertama untuk 2019 kira-kira kami alokasikan Rp 400 miliar," tutur Dwi.

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved