Sebanyak 81 Perusahaan DKI Telah Memberikan Kartu Pekerja untuk Karyawannya

Banyak sekali manfaat Kartu Pekerja. Salah satu manfaatnya bisa naik bus Transjakarta secara gratis.

Sebanyak 81 Perusahaan DKI Telah Memberikan Kartu Pekerja untuk Karyawannya
Warta Kota
Diskusi bertajuk 'Pasca Penetapan UMP 2019 dan Kemanfaatan Kartu Pekerja Bagi Pekerja atau Buruh, Menuju DKI Jakarta yang Aman dan Kondusif' yang digelar Dewan Pengupahan Provinsi DKI Jakarta di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, pada Selasa (27/11/2018). 

Andri Yansyah selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa sampai saat ini tercatat 81 perusahaan telah memberikan Kartu Pekerja kepada karyawannya.

Dalam waktu dekat, 161 perusahaan juga akan memberikan kartu pekerja sebagai salah satu sarana yang dapat meringankan beban biaya transportasi dan makan pekerja.

Pernyataan itu dilontarkan dalam acara diskusi bertajuk 'Pasca Penetapan UMP 2019 dan Kemanfaatan Kartu Pekerja Bagi Pekerja atau Buruh, Menuju DKI Jakarta yang Aman dan Kondusif' yang digelar Dewan Pengupahan Provinsi DKI Jakarta di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, pada Selasa (27/11/2018).

"Kami harapkan dengan adanya kartu itu bisa membantu peningkatan perekonomian pekerja dan buruh. Itu bukti kehadiran pemerintah," ucap mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta tersebut.

Sementara itu, Dewan Pengupahan Provinsi DKI Jakarta dari unsur serikat pekerja, Jayadi, mengakui bahwa tak semua pekerja atau buruh yang menerima hasil penetapan UMP DKI Jakarta untuk tahun 2019.

Namun ia percaya kehadiran Kartu Pekerja sedikit-banyak akan dapat membantu perekonomian mereka.

"Apakah teman-teman buruh menerima kenaikan UMP tersebut, tentunya ini variatif. Ada yang menerima ada yang tidak, itu biasa saja dinamis," ujar Jayadi.

Kepolisian Republik Indonesia pun memberikan apresiasi terhadap penetapan Upah Minimum Pekerja (UMP) DKI Jakarta yang akan berlaku mulai 1 Januari 2019 mendatang.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menaikkan UMP untuk tahun 2019 dari Rp 3.648.035 menjadi Rp 3.940.973.

Penetapan UMP pada kisaran tersebut adalah berdasarkan hasil rembuk tripartit antara Dewan Pengupahan DKI Jakarta, unsur Serikat Pekerja dan unsur pemerintah.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved