Penyelundupan 31,6 Kg Sabu dari Thailand untuk Pesta Natal dan Tahun Baru Digagalkan Polisi

Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri menggagalkan penyeludupan sabu seberat 31,6 kilogram dari Thailand.

APARAT Direktorat Tindak Pidana Narkotika (Dirtipid) Bareskrim Polri berhasil menganggalkan penyeludupan sabu seberat 31,6 kilogram yang di kirim dari Thailand menuju Jakarta-Tanggerang.

Dalam penangkapan tersebut, petugas mengamankan tiga orang tersangka, yaitu M. Daud (pengendali lapangan), Heriyanto dan Yanto Jumadi (supir atau kurir). Didua lokasi yakni Lampung dan Cilegon, Banten.

Direktur Tindak Pidana Narkoba, Brigjen Pol Eko Daniyanto mengatakan, pengungkapan tersebut berawal dari penyelidikan adanya sindikat narkotika yang akan masuk ke Indonesia dari jalur Malaysia-Indonesia.

"Kita sebelumnya sudah hunting, karena memang mereka ini bergerak. Sehingga pada Rabu (21/11) kita lakukan penangkapan di Cilegon Banten. Dimana satu orang tersangka M. Daut diamankan," kata Brigjen Pol Eko Daniyanto, Senin (26/11/2018).

Menurut Eko, bahwa M. Daut merupakan pengendali atau pemimpin jalannya barang tersebut saat diselundupkan.

Dia juga bertugas mengawasi pengiriman barang tersebut, yang dikirim mengunakan truk.

"Dia ini mengawasi juga. Kalo ada razia di depan, truk pengirim sabu ini disuruh berhenti, begitu hingga situasi aman, dan perjalanan di lanjutkan. Mereka ini sudah pintar, jadi barang haram tersebut dikirim secara terpisah, ini yang menjadi catatan kita," ujarnya.

Dari penangkapan tersangka M. Daut, didapat informasi dari tersangka, ada barang yang masih dalam perjalanan dari Lampung.

Petugas pun bergerak cepat supaya targetnya tidak lolos.

Benar saja. Petugas mendapati sebuah truk yang membawa mie instan cup yang di tumpukan belakangnya terdapat tiga tas besar.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved