Sebelum Turun Takhta, Ini Ritual Terakhir yang Dilakukan Kaisar Jepang Akihito

KAISAR Jepang Akihito bakal menjadi kaisar Jepang pertama yang mengundurkan diri selama 200 tahun terakhir.

Sebelum Turun Takhta, Ini Ritual Terakhir yang Dilakukan Kaisar Jepang Akihito
therepublic.com
KAISAR Jepang Akihito melakukan ritual memanen, beberapa tahun lalu. Ritual yang sama dilakukan Kaisar Akihito pada Jumat, 23 November 2018, sebagai ritual terakhirnya sebelum ia turun takhta. 

KAISAR Jepang Akihito dijadwalkan turun takhta pada 30 April 2019, ketika usianya mencapai 85 tahun. Dia bakal menjadi kaisar Jepang pertama yang mengundurkan diri selama 200 tahun terakhir.

Melansir The Mainichi, Sabtu (24/11/2018), Kaisar Akihito menjalani salah satu ritual sebelum turun takhta yaitu memanen. Kaisar menyampaikan syukur kepada para dewa untuk panen musim gugur yang melimpah.

Ritual bernama Niiname itu digelar pada Jumat lalu di sebuah kuil Istana Kekaisaran yang diterangi oleh obor, dan lantunan musik kuno dimainkan.

Kakinya Cuma 1 Sentimeter, Jejak Dinosaurus Terkecil Ditemukan di Korea Selatan 

Dia memberikan padi yang dipanen dan barang-barang lainnya sebagai persembahan kepada para dewa, berterima kasih dan berdoa bagi perdamaian bangsa.

Sebagai informasi, pada 23 November juga menjadi hari libur nasional di Jepang untuk perayaan hari bersyukur atau Thanksgiving.

Sebagian padi yang dipanen kaisar berasal dari sawah di lahan istana, sisanya dari petani dan seluruh negeri.

Menjelang ritual, kaisar mengundang beberapa petani untuk bertanya tentang panen mereka tahun ini. Sang Putra Mahkota Naruhito mengamati bagaimana ayahnya melakukan ritual tersebut.

Doa dalam menyambut panen merupakan salah satu dari sekitar 20 ritual yang dilakukan kaisar secara pribadi di istana setiap tahunnya.

Ritual juga berlangsung pada tengah malam, termasuk interval tiga jam di dalam kuil tanpa penghangat. Namun karena usianya yang tua, seorang pembantu diturunkan untuk melakukan ritual tersebut.

Menurut tradisi, kaisar harus duduk tegak dengan cara tradisional selama hampir dua jam saat melakukan ritual kuno. Kaisar juga tetap berjaga di istana untuk memastikan ritual berakhir dengan aman. (Veronika Yasinta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kaisar Akihito Jalani Ritual Panen Terakhir Sebelum Turun Takhta"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved