Breaking News:

Keluarga Korban Lion Air Membuat Surat Tuntutan Terbuka

Perwakilan keluarga korban lion air PK-LQP mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menjalin pertemuan dengan pihak Lion Air.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Pihak lion air dan keluarga korban jt 610 menyampaikan keterangan usai 125 penumpang terindentifikasi. 

Perwakilan dari keluarga korban pesawat Lion Air PK-LQP membuat surat terbuka dalam upaya pencarian para penumpang yang hingga saat ini belum ditemukan.

Surat tuntutan tersebut ditujukan untuk Lion Air, dan pihak terkait seperti DVI, Basarnas, serta Presiden RI Joko Widodo.

Rini Soegiyono, salah satu perwakilan keluarga korban lion air PK-LQP mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menjalin pertemuan dengan pihak Lion Air selaku maskapai, dari pertemuan tersebut pihak keluarga tetap meminta proses pencarian korban yang belum ditemukan tetap dilanjutkan.

"Hal yang menjadi konsen kami, yaitu kita menuntut pencarian ini dilanjutkan menggunakan teknologi tercanggih supaya bisa dilanjutkan pencarian dan teridentifikasi semua," kata Rini, Jumat (23/11/2018).

Diungkapkan Rini, bahwa pihak Lion juga sepakat untuk berusaha proses pencarian korban yang belum diketemukan tetap dilanjutkan.

Terlebih, menurutnya, pihak lion air akan meminta bantuan dari Singapore dengan mendatangkan ship rescue yang akan datang 3 sampai 5 hari kedepan.

Dengan begitu, harapannya beberapa para penumpang dan awak pesawat yang belum diketemukan, dapat segera terevakuasi dan pihak DVI akan segera mengidentifikasi. Sehingga jenazah segera di berikan kepada pihak keluarga.

Sedangkan beberapa keluarga korban yang anggota keluarganya sudah terevakuasi dan teridentifikasi, semua sepakat akan terus mengawal hingga seluruh penumpang di temukan.

"Saat ini, kan basarnas jawa barat dan dki hanya pemantauan. Jadi menunggu sampai ada yang mengapung. Padahal dengan kecepatan pesawat seperti itu, mungkin masih terkitat di seatbelt itu," ujarnya. 

Berikut surat tuntutan terbuka dari perwakilan 189 keluarga penumpang dan awak pesawat Lion Air JT-610;

1. Secara khusus menuntut kepada pihak Lion Air, untuk mengerahkan Segala daya upaya serta sumberdaya baik moril dan material melibatkan pihak independen untuk menuntaskan pencarian dan pengidentifikasian seluruh penumpang dan awak pesawat Lion Air JT-610.

2. Meminta Presiden Rl, Bapak Joko Widodo untuk memerintahkan seluruh instansi (BASARNAS, KNKT, TNI, POLRI, Kementerian Perhubungan, DVI POLRI dan pihak terkait lainnya) terutama Lion Air untuk melakukan pencarian ulang dimulai sejak hari ini dan mengidentifikasi penumpang dan awak pesawat sampai tuntas tanpa batas waktu.

3. Menuntut dan mengingatkan janji Presiden RI Bapak Joko Widodo untuk sepenuhnya membantu seluruh kebutuhan keluarga penumpang dan awak' pesawat Lion Air JT-610.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved