Identifikasi Resmi Ditutup, RS Polri Kramatjati Tetap Akan Terima Jenazah Korban Lion Air JT 610

Rumah Sakit Polri Kramatjati tetap akan menerima jenazah korban Lion Air PK-LQP meski proses identifikasi pada hari ini resmi ditutup.

Identifikasi Resmi Ditutup, RS Polri Kramatjati Tetap Akan Terima Jenazah Korban Lion Air JT 610
Warta Kota/Joko Supriyanto
Tim DVI berhasil mengindetifikasi tiga jenazah korban Lion Air JT 610 yang terdiri dari dua laki-laki dan satu perempuan. 

WARTA KOTA, KRAMATJATI---Rumah Sakit Polri Kramatjati tetap akan menerima jenazah korban Lion Air PK-LQP meski proses identifikasi pada hari ini resmi ditutup.

Jika ada jenazah atau bagian tubuh baru ditemukan, RS Polri Kramatjati siap melakukan proses identifikasi.

Hanya saja proses identifikasi dilakukan secara personal melalui RS Polri Kramatjati.

"RS Polri tetap akan menerima jenazah meski operasi DVI dinyatakan ditutup mulai hari ini. Karena memang bodypart (bagian tubuh) yang ada sudah teridentifikasi seluruhnya," kata Kepala Rumah Sakit Polri Kramatjati Brigjen Pol Musyafak, Jumat (23/11/2018).

Kepala Lab DNA Polri Kombes Putut mengatakan, jika ada jenazah ditemukan, pihaknya siap melakukan proses identifikasi. Namun memang hal ini jauh lebih sulit dan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

"Kalau ditemukan tentu masih bisa terindentifikasi. Seperti beberapa hari kemarin sisa sample kami ulang. Dari pengambilan sample DNA dari tulang. Sehingga muncul nama-nama individu baru, yakni 16 penumpang pada hari ini," kata Putut.

Wakil Kepala DVI Polri Kombes Triyawan Masudi mengatakan, 195 kantong jenazah yang diterima oleh Rumah Sakit Polri Kramatjati dalam kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 telah terindentifikasi.

Dari 195 kantong jenazah tersebut terdapat sebanyak 666 bodypart (bagian tunuh) dan telah diambil sample DNA-nya sehingga telah berhasil mengindetifikasi sebanyak 109 penumpang hingga hari ini.

Dengan selesainya proses identifikasi tersebut, dapat dilihat berapa nantinya jumlah penumpang yang tidak terevakuasi saat proses pencarian para korban. Karena, saat ini bodypart yang ada sudah teridentifikasi seluruhnya.

"Jadi 195 kantong jenazah yang terdiri dari beberapa body part itu sudah selesai pemeriksaannya. Artinya pemeriksaan 195 kantong jenazah ini sudah semua diperiksa baik medis maupun propertinya. Hasilnya bagaimana? Dari 195 kantong jenazah maupun beberapa body part itu besok kami rilis," kata Triawan.

Menurut Triawan, beberapa bagian tubuh yang masih ada biasa saja bodypart yang sudah teridentifikasi sebelumnya. S

ehingga ia memastikan bahwa seluruhnya telah teridentifikasi, namun jika ada nama penumpang yang tidak teridentifikasi kemungkinan jenazah tidak terevakuasi saat proses pencarian.

Walaupun saat ini masih ada beberapa sample DNA yang masih dalam proses pencocokan hingga malam ini.

Sedangkan bodypart yang kemungkinan adalah milik penumpang yang telah teridentifikasi sebelumnya, maka pihak RS Polri akan menyerahkan kembali kepada pihak keluarga setelah proses identifikasi dihentikan.

Total 666 Potongan Tubuh Korban Lion Air PK-LQP Berhasil Diidentifikasi Tim DVI RS Polri

Lion Air Gelontorkan Dana untuk Ahli Waris Korban Lion Air PK-LQP Capai Rp 245 Miliar

Daftar 125 Jenazah Korban Kecelakaan Lion Air PK-LQP yang Berhasil Diidentifikasi

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved