Breaking News:

Jurnalis Arab Saudi Hilang

Buntut Pembunuhan Khashoggi, Menlu Arab Saudi: Tuntutan MBS Mundur Sudah Keterlaluan

MENTERI Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan, seruan untuk mengganti putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman sudah keterlaluan.

arabianow.de
ADEL al-Jubeir, Menteri Luar Negeri Arab Saudi 

MENTERI Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan, seruan untuk mengganti putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman sudah keterlaluan.

Al-Jubeir menegaskan, pria berjuluk MBS itu sama sekali tidak terlibat dalam kematian Jamal Khashoggi pada 2 Oktober lalu.

Pernyataan ini muncul sehari setelah Kongres AS mendesak digelarnya sebuah investigasi untuk mengungkap keterkaitan MBS dengan pembunuhan ini.

Baca: Ini Rekaman Kata-kata Jurnalis Jamal Khashoggi Sebelum Dihabisi 

Baca: Terganjal Pembunuhan Jamal Khashoggi, Posisi Putra Mahkota MBS Bakal Digantikan Pangeran Ini

"Di Arab Saudi batasan semuanya adalah para pemimpin kami. Sang penjaga dua masjid suci (Raja Salman) dan putra mahkota adalah batasannya," ujar Al-Jubeir. kepada jurnalis BBC Lyse Doucet di Riyadh.

"Mereka berdua mewakili rakyat Saudi dan rakyat Saudi mencerminkan mereka. Kami tidak mentolerir diskusi apapun yang menyerang keluarga kerajaan dan putra mahkota kami," tegas Al-Jubeir.

Dalam wawancara itu, Al-Jubeir kembali menegaskan bahwa MBS tidak terlibat dalam kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

"Pernyataan kami sudah amat jelas. Kami sedang melakukan investigasi dan kami akan menghukum individu yang terlibat dalam masalah ini," tambah dia.

Peryataan Al-Jubeir ini seakan hendak menyanggah pemberitaan yang kini marak di Amerika Serikat. Berbagai media AS menyebut CIA menyakini pembunuhan keji terhadap Khashoggi hanya bisa terjadi atas perintah MBS.

Al-Jubeir membantah pemberitaan itu dan menyebut pembunuhan Khashoggi adalah "operasi liar" para agen intelijen Saudi.

Selain itu, Al-Jubeir mendesak Turki agar memberikan bukti kuat terkait pembunuhan itu dan berhenti membocorkan informasi sedikit demi sedikit. (Ervan Hardoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menlu Saudi: Desakan untuk Mengganti MBS Sudah Keterlaluan"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved