Agar Listrik Aman, Warga Perlu Memperhatian Rumah saat Hujan Lebat

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) memberikan tip agar warga tetap aman berada di rumah saat hujan lebat.

Agar Listrik Aman, Warga Perlu Memperhatian Rumah saat Hujan Lebat
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Ikhsan Asaad, General Manager PLN Disjaya 

WARTA KOTA, TANAH ABANG---Hujan lebat mulai mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Terdapat potensi terjadinya korsleting listrik akibat hujan lebat tersebut.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) memberikan tip agar warga tetap aman berada di rumah saat hujan lebat.

"Yang pertama adalah agar warga memperhatikan posisi-posisi stop kontak listrik, kabel rol, atau kabel tambahan yang berada di bawah maupun lantai. Amankan jika berpotensi terendam air," kata M Ikhsan Asaad, General Manager PLN Disjaya, saat acara Siaga Kelistrikan DKI Jakarta dalam Menghadapi Musim Hujan dan Siaga Banjir di Gedung Graha Niaga Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2018).

Kemudian, matikan peralatan listrik dan elektronik yang berada di dekat lantai lalu pindahkan ke tempat aman.

Bila stop kontak hampir tergenang air, maka matikan aliran listrik untuk sementara waktu dengan cara mematikan MCB yang berada di kwh meter.

"Perhatikan kondisi mesin air atau jet pump. Jika mesin air sudah nyaris terendam air, cabut kabel listrik dari stop kontak agar mesin tidak menyala," jelasnya.

Jika ada sesuatu yang dianggap membahayakan, kata Ikhsan, segera menghubungi Call Center 123. Bila genangan air meninggi segera mengungsi ke daerah aman sedini mungkin.

"Kalau banjir sudah mulai surut, maka penormalan listrik harus dilakukan dengan memastikan seluruh alat elektronik atau listrik, stop kontak, steker, kabel-kabel, dalam keadaan kering," ujar Ikhsan.

Apabila diperlukan, hubungi petugas PLN untuk memeriksa dan memastikan semua kering dan siap dialiri listrik.

Melakukan koordinasi dengan pengurus RT/RW untuk menginformasikan kepada petugas PLN, bahwa lingkungan telah kering dan aman untuk dialiri listrik.

"Pelanggan yang diwakili ketua RT/RW menandatangani berita acara kesiapan penormalan listrik," katanya.

Baca: Antisipasi Terendam Akibat Banjir dan Genangan, PLN Tinggikan 71 Gardu Listrik Rawan Banjir

Baca: Proyek Galian PLN Padati Kawasan Gading Serpong

Baca: HUT ke-17 Kabupaten Kepulauan Seribu, PLN Tambah Dua Gardu Listrik di Pulau Tidung

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved