Target PKB dan BBNKB di Jakut dan Kepulauan Seribu Rp 1,472 Triliun, Sudah Tercapai 87 Persen

Robert menjelaskan, dengan capaian tersebut, maka nilainya diperkirakan sekitar Rp 1 triliun.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sebanyak 55 kendaraan yang menunggak pajak kendaraan bermotor terjaring razia di Jalan HBR Motik, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

SUKU Badan Pajak dan Retribusi Daerah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, tahun ini menargetkan pendapatan senilai Rp 1,472 triliun dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Kepala Unit PKB dan BBNKB Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Robert L Tobing mengatakan, terhitung sejak Januari hingga sekarang, target sudah tercapai sekitar 87 persen.

“Tahun ini kita targetkan Rp 1,472 triliun, dan sekarang sudah mencapai sekitar 87 persen, berarti tinggal 13 persen lagi,” kata Robert, Rabu (21/11/2018).

Baca: APBD Melimpah, DPRD Sarankan Anies Baswedan Bangun Tiga Atau Empat ITF di Jakarta

Robert menjelaskan, dengan capaian tersebut, maka nilainya diperkirakan sekitar Rp 1 triliun. Sehingga, dengan kata lain, pihaknya masih ada kekurangan sekira Rp 472 miliar untuk mencapai target yang telah ditentukan.

“Kalau semua berjalan baik, kita mudah-mudahan dapet, karena estimasi kita 99,8 persen. Artinya meraih 0,2 persen itu enggak begitu sulit,” tuturnya.

Meski waktu yang tersisa hanya beberapa bulan lagi, Robert optimisitis target tersebut bisa tercapai pada akhir tahun. Apalagi, adanya kebijakan penghapusan sanksi administrasi untuk PKB dan BBNKB memberi keuntungan tersendiri.

Baca: Kabel Utilitas dan Tutup Permanen Hambat Proyek Normalisasi Saluran Air di Cempaka Putih

“Makanya kita berharap dengan adanya ini ada efek multiplier, jadi masyarakat mau membayar, apalagi kita hapuskan denda. Optimis lah,” ucap Robert.

Adapun kebijakan masa penghapusan sanksi administrasi PKB dan BBNKB berlangsung satu bulan, tepatnya mulai 15 November hingga 15 Desember 2018. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved