Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringati Maulid Nabi, Pemkot Jaksel Gelar Festival Hadrah dan Qasidah

Pemerintah Kota Jakarta Selatan, menggelar Festival Hadrah dan Qasidah Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan Tahun 2018

Peringati Maulid Nabi, Pemkot Jaksel Gelar Festival Hadrah dan Qasidah
Wartakotalive/Feryanto Hadi
Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali saat membuka acara Maulid Nabi, Senin (19/11/2018) di Kantor Wali Kota, Jakarta Selatan 

Peringati Maulid Nabi, Pemkot Jaksel Gelar Festival Hadrah dan Qasidah

Pemerintah Kota Jakarta Selatan, menggelar Festival Hadrah dan Qasidah Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan Tahun 2018, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Festival ini digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad 1440 H serta sebagai ajang mengembangkan kreatifitas kepada sebuah tim Hadrah dan Qasidah.

"Festival ini lebih mengarah kepada sebuah kegiatan yang punya nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali saat membuka acara pada Senin (19/11/2018) petang.

Marullah melihat bahwa sejak jaman dahulu, Hadrah dan Qasidah telah tumbuh di Jakarta Selatan dan berkembang dengan pesat.

Hanya saja, menurut Marullah, karena jarang ada kompetisi sejenis ini, maka tempat mereka untuk menunjukkan kemampuan dan kreatifitas menjadi minim.

"Saya mengembangkan ini saya berharap ke depan mereka yang berkiprah dalam bidang Hadrah dan musik Qasidah klasik ini, terpacu untuk lebih meningkatkan kreatifitas dan inovasi. Karena yang namanya Qasidah dan Hadrah ini kan salah satu daripada hasil budaya dari masyarakat, dan dia bisa berkembang. Kalau dia tidak ada tantangan, dia tidak akan bisa berkembang secara lebih positif lagi," terangnya.

Marullah berharap, adanya kompetisi ini dapat menciptakan kreatifitas dan tampilan yang lebih bagus serta inovatif lagi bagi Qasidah dan Hadrah yang tentunya akan lebih dinikmati lagi oleh masyarakat di Jakarta tak terkecuali Jakarta Selatan.

"Yang paling penting adalah beri kesempatan kepada masyarakat untuk mengembangkan keterampilan sesuai dengan background dan kemampuan mereka masing-masing. Saya kira itu yang kita laksanakan di hari ini," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 10 tim Hadrah dan 10 tim Qasidah, yang berasal dari 10 kecamatan di Jakarta Selatan. Artinya, setiap kecamatan mengirimkan satu tim Hadrah dan satu tim Qasidah untuk mengikuti kompetisi ini.
Area lampiran

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved