Breaking News:

Kecamatan Jatinegara Gerebek Sampah di Kali Cipinang, Berharap Warga Mencontoh

Nasrudin menuturkan, gerebek sampah juga dilakukan agar diikuti oleh warga sekitar, agar tidak membuang sampah ke kali.

WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Petugas melakukan aksi gerebek sampah dalam upaya antisipasi banjir di Kali Cipinang, Minggu (18/11/2018). 

DALAM upaya antisipasi banjir, Kecamatan Jatinegara menggelar grebek sampah di Kali Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur.

Ratusan petugas gabungan diterjukan dalam kegiatan tersebut. Sebanyak 275 petugas gabungan UPK Badan Air, PPSU Kelurahan Cipinang Muara, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, dan Kelurahan Cipinang Besar Utara, serta Satgas SDA yang hadir dalam kesempatan tersebut, langsung membersihkan sampah-sampah di kali.

Berbekal alat seadanya, mereka langsung membersihkan sampah-sampah yang tersangkut akibat terbawa arus air saat hujan mengguyur kawasan tersebut.

Baca: Erick Thohir Sarankan Tim Persiapan Tuan Rumah Olimpiade Dibentuk Setelah Pemilu 2019

Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar mengungkapkan, gerebek sampah ini dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya banjir, khususnya di wilayah Jatinegara.

"Jadi dalam rangka gerebek sampah ini, kami ingin kali atau sungai yang melintas di Kecamatan Jatinegara ini bersih dari sampah, sehingga terlihat kelestarian dan tentunya mencegah banjir," kata Nasrudin, Minggu (18/11/2018).

Nasrudin menuturkan, gerebek sampah juga dilakukan agar diikuti oleh warga sekitar, agar tidak membuang sampah ke kali. Selain membuat kali kotor, hal itu juga menjadi salah satu penyebab banjir.

Baca: Anggaran Jadi Tuan Rumah Olimpiade Empat Kali Lipat dari Asian Games

Pihaknya mengaku akan terus melakukan grebek sampah secara rutin di wilayahnya, sehingga hal itu membuat Sungai Ciliwung, Sungai Aliran KBT, Kali Sunter, dan Kali Cipinang, tetap terjaga kebersihannya.

"Selain mencegah banjir, aksi ini juga diharapkan dapat dicontoh oleh masyarakat agar tidak membuang sampah ke kali. Tentunya kegiatan ini akan kita lakukan rutin setiap minggunya untuk menjaga kebersihan sungai," paparnya. (*)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved