Pemasangan Sheet Pile Kali BGR Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

Proyek pemasangan sheet pile Kali Boulevard Bukit Gading Raya (BGR), Kelapa Gading, Jakarta Utara ditargetkan rampung pada akhir tahun.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Lokasi kecelakaan kerja proyek pemasangan sheetpile Kali Boulevard BGR, Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

PROYEK pemasangan sheet pile Kali Boulevard Bukit Gading Raya (BGR), Kelapa Gading, Jakarta Utara ditargetkan rampung pada akhir tahun. Pemasangan sheet pile sebagai antisipasi banjir.

Kepala Bidang Aliran Timur Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Nelson Simanjuntak mengatakan pemasangan sheet pile Kali Boulevard BGR sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2018.

“Pemasangan sheet pile ditargetkan selesai bulan Desember,” katanya, Jumat (16/11/2018).

Pemasangan sheet pile dilakukan sebagai bentuk antisipasi banjir saat musim hujan tiba. Pasalnya kawasan di sekitar lokasi selama ini dikenal rawan banjir ketika hujan deras melanda.

“Jadi kawasan sekitar Kali BGR itu kan rawan banjir ya, jadi kita coba bentuk Kali BGR itu bisa jadi long storage dan air bisa nampung disitu untuk dipompakan ke Kali Sunter,” katanya.

Nelson mengatakan pemasangan sheet pile dilakukan di kedua sisi Kali BGR dengan masing-masing panjangnya 1.500 meter. Sehingga total sheet pile yang disiapkan ada 3.000 meter.

“Untuk lebar kali sekitar 12-15 meter. Semuanya bentuk antisipasi kita terhadap banjir,” sambung Nelson.

Kedepannya tidak hanya pemasangan sheet pile saja yang akan dilakukan terhadap Kali BGR. Nantinya penanganan akan dilanjutkan dengan melakukan pengerukan terhadap Kali BGR yang terdapat material bangunan.

Pantauan di lokasi, sejumlah pekerja sibul melakukan pemasangan sheet pile. Sementara material bangunan seperti sheet pile maupun bongkahan tanah berserakan di dasar kali.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved