Erick Thohir Sarankan Tim Persiapan Tuan Rumah Olimpiade Dibentuk Setelah Pemilu 2019

Mengenai waktu Olimpiade, Erick Thohir mengatakan bahwa yang tepat untuk Indonesia menjadi tuan rumah adalah pada 2032.

Erick Thohir Sarankan Tim Persiapan Tuan Rumah Olimpiade Dibentuk Setelah Pemilu 2019
Warta Kota/Henry Lopulalan
Presiden Joko Widodo memberikan obor api Asian Games 2018 ke Ketua Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir di halaman Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jumat (17/8/2018). Api melewati 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi di Indonesia dengan menempuh jarak sekitar 18.000 kilometer akan dinyalakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno tepat pada saat acara pembukaan pada 18 Agustus 2018. 

SETELAH sukses menyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Indonesia kini berkeinginan menjadi tuan rumah pesta olahraga nomor wahid di dunia, Olimpiade.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir menyarankan agar tim persiapan tuan rumah Olimpiade dibentuk dari jauh-jauh hari, karena negara lain juga menyiapkan hal yang sama.

“Persiapannya baru tahun depan selesai pemilu, karena saya rasa selesai pemilu kita bisa bentuk tim. Ini penting, karena tim ini meski Olimpiade dipikir masih lama, tapi ada negara lain yang mau jadi tuan rumah juga. Membuat tim khusus akan meyakinkan bahwa mereka siap,” kata Erick Thohir seusai acara peluncuran buku ‘Turbulensi Sport di Indonesia’ di SUGBK, Senayan, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Baca: Calonkan Diri Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032, Ini Proses yang Harus Dilewati Indonesia

“Gosipnya adalah salah satunya Korsel dan Korut mau ambil momen ini. Nah, kita tidak boleh kalah sama Korea, masa mau kalah terus. Udah nyanyi (lagu Korea) kalah, masa ini kalah juga. Makanya kita harus menang,” sambungnya.

Mengenai waktu Olimpiade, Erick Thohir mengatakan bahwa yang tepat untuk Indonesia menjadi tuan rumah adalah pada 2032.

“Bisa dilihat Asian games kemarin, bisa lebih dari event olahraga, tapi kita bisa mempersatukan bangsa. Multi event seperti ini dibutuhkan sebuah negara untuk ledakan positif di sebuah negara,” papar Erick Thohir.

Baca: Sumber Bau Menyengat yang Resahkan Warga Pondok Pinang Ternyata Mengandung Gas Metan

“Untuk Olimpiade, yang terbaik versi saya adalah 2032 adalah Jakarta dan Jawa Barat, karena problemnya lapangan sepak bolanya,” ulasnya.

Olimpiade 2020 akan diadakan di Tokyo, Jepang dan empat tahun kemudian atau 2024 akan diselenggarakan di Paris, Prancis. (Abdul Majid)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved